Tekno

Samsung Tak Masuk 5 Merek Smartphone Top di China

Sumedang Media, Beijing – China ialah pasar smartphone yang tergolong unik. Di Negeri Tirai Bambu itu, raksasa smartphone seperti Samsung kesulitan untuk mendapatkan pangsa pasar, sementara pesaing lokal yang lebih kecil bisa menjadi sangat populer.

Berdasarkan data terbaru dari Kantar Worldpanel, hingga Oktober lalu pasar smartphone China kini dikuasai oleh lima merek, yakni Huawei, Xiaomi, Apple, Vivo, dan OPPO.

Kelima perusahaan itu menguasai 91 persen pasar atau naik dari 79 persen pada periode yang sama di tahun lalu.

Sementara pemimpin pasar smartphone dunia, Samsung, hanya menguasai 2,2 persen dari pasar di China. Angka ini juga terus menyusut menurut laporan Kantar.

Sebuah hal yang menarik ialah lima perusahaan yang mendominasi pasar China memiliki strategi yang berbeda-beda. OPPO dan Vivo fokus pada kawasan pedesaan. Mereka membangun toko-toko fisik agar perangkat buatannya dibeli oleh konsumen yang sebelumnya tidak pernah menggunakan smartphone.

Sedangkan Xiaomi masih fokus dengan penjualan online, walau angka itu mulai menurun mengingat tumbuhnya pasar smartphone China ialah berkat adanya toko offline. Satu tahun belakangan, Xiaomi kembali menjadi pemain yang dipertimbangkan karena membangun toko-toko offline untuk menyempurnakan strategi penjualan online mereka.

Berbeda dengan OPPO dan Vivo, Huawei fokus pada kawasan perkotaan di China. Alhasil, mereka dikenal sebagai salah satu pemimpin pasar.

Sementara itu, Apple bisa mempertahankan popularitasnya sebagai merek mewah. Kemungkinan, kemunculan iPhone X akan meningkatkan pangsa pasar Apple di kuartal depan, demikian lansir The Verge.

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top