Tekno

Apple Kembali Pimpin Pasar Perangkat Wearable

Sumedang Media, San Francisco – Apple kembali menjadi pemimpin pasar perangkat wearable untuk kuartal ketiga (Q3) tahun 2017.

Mengutip GSM Arena, perusahaan yang membuat Apple Watch itu berada di posisi pertama pada Q1 2017, namun disusul oleh Xiaomi dan Fitbit di Q2 2017. Sedangkan pada Q3 2017, Apple kembali merebut posisi pemimpin pasar, diikuti oleh Xiaomi dan Fitbit.

Apple diperkirakan telah mengirimkan 3,9 juta wearable antara bulan Juli hingga September 2017. Sementara Xiaomi mengirimkan 3,6 juta unit dalam jangka waktu yang sama, adapun Fitbit menjual 3,5 juta unit.

Hal ini berarti Apple kini menguasai 23 persen pasar perangkat wearable, sementara Xiaomi memiliki pangsa pasar 21 persen, dan Fitbit duduk di level 20 persen.

Huawei berada di posisi keempat, namun hanya memiliki pangsa pasar sebesar 6 persen, sehingga tidak menimbulkan ancaman berarti bagi Apple, Xiaomi, dan Fitbit, setidaknya dalam waktu dekat.

Menutup posisi lima besar ada Samsung dengan pangsa pasar 5 persen.

Peluncuran Apple Watch Series 3 yang punya kemampuan selular LTE jelas membantu Apple di Q3 2017, kuartal terkuatnya sepanjang tahun ini. Sebanyak 800 ribu unit Apple Watch Series 3 terjual dalam periode tiga bulan itu dengan varian LTE.

Meski demikian, para analis menyebut bahwa Apple Watch Series 3 gagal mencapai potensi penuhnya pada kuartal ketiga. Hal itu dikarenakan ketersediaan yang terbatas akibat permintaan lebih tinggi dibandingkan pasokan.

Sehingga, diperkirakan smartwatch teranyar besutan Apple itu bakal mendapat angka penjualan yang lebih baik di kuartal keempat 2017 nanti.

Sementara pengiriman smartwatch bertumbuh, perangkat gelang kebugaran tidak terjual secepat dulu. Oleh sebab itu, keseluruhan pasar perangkat itu tercatat turun 2 persen di Q3 2017 menjadi 17,3 unit.

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top