Tekno

Toyota Juara di Ajang Nasional dan Internasional

Sumedang Media, Jakarta – Toyota Team Indonesia (TTI) memboyong juara nasional seri kejuaraan slalom nasional Auto Gymkhana 2017 setelah menempatkan dua pembalapnya yakni Anjasara Wahyu (Toyota Agya) sebagai juara di kelas A (Standart) dan Demas Agil (Toyota Etios) sebagai juara di kelas F (Modifikasi).

Disamping itu, dalam ajang Asian Auto Gymkhana Competition (AAGC) 2017 yang berlangsung di Taiwan, keduanya juga berhasil mengulang prestasi terbaik mereka seperti pada AAGC 2017 seri pertama. Anjasara Wahyu dan Demas Agil sukses merengkuh juara pertama pada ajang slalom internasional tingkat Asia yang masuk dalam kalender FIA ini.

Sebelumnya, sekitar sebulan lalu, TTI juga telah memastikan gelar Juara Nasional Indonesia Touring Car Championship (ITTC) 1600 Max di kejuaraan balap Indonesia Sentul Series of Motor Sport (ISSOM) 2017 melalui Haridharma Manoppo dengan Toyota All New Yaris tunggangannya.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menyebut bahwa prestasi yang berhasil diraih para pembalap TTI dalam ajang slalom dan touring tingkat nasional maupun internasional menunjukkan keseriusan Toyota untuk senantiasa menggairahkan motorsport Indonesia agar bisa maju dan berkembang sehingga bisa tampil di pentas global.

"Tak hanya pembalap-pembalap muda berbakat yang andal, untuk menjadikan TTI sebagai tim yang disegani di setiap lomba balap, kami juga menghadirkan kendaraan yang tangguh untuk digunakan pada lintasan balap slalom maupun touring, seperti Agya, Yaris, dan Etios," ujar Soerjo dalam siaran persnya kepada Sumedang Media.

Drama yang cukup berat harus dilalui oleh TTI di putaran akhir seri Auto Gymkhana 2017 yang dihelat di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Sabtu lalu (11/11/2017). Perlawanan dari tim tuan rumah yang cukup kuat akhirnya mampu ditahan oleh para punggawa TTI yang malam itu harus berjuang ekstra keras untuk dapat mencapai juara nasional.

Pencapaian di seri akhir ini tak hanya menempatkan Anjasara Wahyu dan Demas Agil sebagai juara nasional, ada juga Alinka Hardianti dengan Toyota Etios yang masih belum terhadang oleh para kompetitornya untuk kembali merebut juara nasional wanita 2017 di ajang Auto Gymkhana tahun ini.
 
Melengkapi hasil yang dicapai para pembalapnya yang terdiri dari Demas Agil, Anjasara Wahyu, Adrianza Yunial dan Alinka Hardianti, Tim TTI pun berhasil menggondol juara tim Nasional 2017 di kedua kelas bergengsi, baik di kelas A maupun F.
 
Sementara pada ajang AAGC 2017 yang berlangsung di Taiwan, 28-29 Oktober lalu, Demas Agil dan Anjasara Wahyu berhasil mencatatkan waktu tercepatnya sehingga menjadikan Tim Indonesia sukses merengkuh juara pertama di ajang tersebut. Sedangkan untuk kelas individual, Demas Agil juga berhasil meraih posisi juara ke-3 pada ajang yang diikuti 30 peslalom tangguh dari 13 negara Asia ini.
 
Kehadiran Toyota Yaris, Agya, dan Etios sebagai mobil yang digunakan para pembalap TTI dalam mengikuti ajang touring dan slalom beberapa tahun terakhir ini, tidak lepas dari kelebihan yang dimilikinya.

Ketiga mobil itu dinilai mampu memenuhi ekspektasi pembalap TTI dalam mengikuti setiap ajang balap yang menuntut kendaraan yang lincah dan mumpuni diajak bermanuver pada tingkat kesulitan yang cukup tinggi.
 
Sebagai mobil hatchback yang kerap disebut citycar, ketiga mobil ini memiliki performa dasar yang lengkap seperti mobil kompak, dengan daya tahan tinggi dan mudah untuk dimodifikasi. Dipadukan dengan keterampilan dan kehandalan mengemudi, Agya, Etios, dan Yaris berandil besar pada prestasi pembalap TTI dalam menaklukkan berbagai tantangan untuk memenangkan lomba.
 
Hal itu merupakan wujud implementasi dari semangat Let's Go Beyond dan Kaizen dari Toyota terhadap produk-produk otomotif yang dihadirkan bagi para pelanggan.

"Berbagai improvement pada mesin dan transmisi, serta desain yang dilakukan Toyota pada Agya, Yaris, dan Etios tak hanya meningkatkan kenyamanan mobil ini, tapi juga makin mendukung performanya sebagai kendaraan yang mampu memberikan exciting bagi pengemudinya, tidak terkecuali di lintasan balap," ucap Soerjo.

"Dan ini merupakan bagian komitmen Toyota untuk senantiasa menghadirkan ever better cars kepada para pelanggan," imbuhnya.
 
Sebelumnya, pada seri ke-6 ajang ISSOM 2017 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, 20-22 Oktober, pembalap andalan TTI Haridarma Manoppo dan Alinka Hardiyanti dengan menggunakan Toyota Yaris juga kembali sukses meraih juara pertama dan kedua untuk Kejuaraan Nasional Indonesia Touring Car Championship (ITTC) 1600 Max.

Keberhasilan Haridarma Manoppo meraih posisi teratas di seri terakhir ajang ISSOM itu sekaligus menempatkan dirinya sebagai juara umum dan Alinka juara ke-3 pada Kejurnas ITTC 2017. [ikh]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top