Tekno

ASUS ZenFone 4 Max vs Xiaomi Redmi Note 5A

ASUS dan Xiaomi bisa dibilang ialah dua produsen cukup agresif bermain dalam industri ponsel. ASUS melalui produk ZenFone kembangannya dan Xiaomi dengan produk Redmi, keduanya semakin digandrungi di pasar gadget Tanah Air. Keagresifan keduanya bisa terlihat dalam akhir tahun ini, ASUS meluncurkan smartphone ZenFone 4 Max yang menjadi andalan baru di segmen menengah. Hanya berselang seminggu setelahnya, giliran Xiaomi menghadirkan Redmi Note 5A di segmen yang sama.

Baik ZenFone 4 Max maupun Xiaomi Redmi Note 5A mengincar 'kue' yang sama di papan tengah ke bawah yang semakin penuh oleh tawaran-tawaran baru dari aneka pabrikan gadget. Lalu manakah dua produk yang cukup baik dihasilkan oleh dua produsen ini.

Sumedang Media mencoba menguji performa produk anyar terbaru yang bermain di segmen mid end ke bawah yakni SUS ZenFone 4 Max, dengan produk Xiaomi Redmi Note 5A yang keduanya identik dengan baterai besar namun memiliki harga yang terjangkau.

Tampilan

ASUS ZenFone 4 Max (ZC520KL) menawarkan dimensi layar 5,2 inci dengan panel IPS 720 x1280, dan sanggup menghadirkan kerapatan piksel mencapai 282 ppi. Kerapatan piksel yang besar, itu akan tetap nyaman dilihat dari sisi sudut 170 derajat sekalipun tanpa mengalami gradasi warna layar.

Di sisi lain, ada Xiaomi Redmi Note 5A yang membawa dukungan layar yang lebih lebar yakni memiliki dimensi layar 5,5 inci, serta resolusi 720p. Kerapatan pikselnya masih tercatat mampu mencapai 267ppi, namun untuk perlindungan Redmi Note 5A didukung dengan panel Gorilla Glass yang diklaim tahan perlindungan goresan.

Piranti

ASUS melalui model ZenFone 4 Max menawarkan kapasitas memori sebesar 3GB, lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya. Serta menghadirkan dapur pacu prosesor quad -core dengan kecepatan mencapai 1,2Ghz, sudah mendukung system pengolahan 64-bit. Serta varian kapasitas memori penyimpanan 32GB dan sudah didukung slot micro SD untuk ekspansi penyimpanan mencapai 256GB.

Sedangkan untuk Xiaomi Redmi Note 5A dibekali chipset yang sama yakni Snapdragon 425 dengan prosesor quad-core 1,4Ghz dengan pengolahan 64-bit. Perbedaan Redmi Note 5A hanya didukung dengan memori penyimpanan jenis RAM 2GB, serta varian kapasitas memori penyimpanan internal yang hanya mencapai 16GB meski sudah dengan dukungan slot microSD untuk memperbesar kapasitas penyimpanan.

Sistem operasi

Untuk sistem operasi, kedua perangkat sama sudah menjalankan OS Android 7.0 Nougat, dengan sistem antarmuka yang berbeda. ASUS mengandalkan sistem user interface ZenUI khas desainnya.

Sehingga tampilan terlihat lebih elegan, dengan tema ikon material design dan antarmuka tampil lebih rapih dan terang.

Sedangkan untuk Xiaomi, pada seri Redmi Note 5A ini produsen memberikan antarmuka desain dari sistem kembangannya sendiri yakni MIUI 8 yang bisa di-upgrade ke MIUI 9.

Kamera

ASUS menanamkan fitur kamera dengan lensa utama sebesar 13MP yang menggunakan teknologi Pixel Master, dan mampu menghasilkan teknologi penangkapakn kamera yang terang.

Serta memiliki fitur Backlight (HDR), lensa kamera juga memiliki tingkat aperture besar yakni f/2.0 yang mampu memberikan tangkapan terang dikondisi cahaya rendah.

Sedangkan pada bagian depan, hadir dengan lensa kamera 5MP. Serta memiliki fitur modus pengambilan Panorama yang dapat menangkap selfie dengan luas 140 derajat pandang.

Sedangkan untuk Xiaomi Redmi Note 5A, diklaim memiliki lensa kamera sebesar 13MP dual-tone LED flash, aperture f/2.0, auto-focus, HDR, sentuh fokus, full-HD kemampuan merekam video.

Serta kamera depan kakap 5MP dengan sudut pandang 80 derajat lensa wide-angle, dan nilai aperture lensa utama sebesar f/1.8 untuk dukungan foto selfie.

Baterai

Untuk baterai kedua ponsel ini diklaim bisa memenuhi kebutuhan mobilitas seharian. Dengan ASUS ZenFone 4 Max  mengusung kapasitas 4100mAh yang dilengkapi dengan kemampuan untuk mengisi daya perangkat lain atau reverse charging. Dalam paket penjualannya telah disertakan pula kabel USB OTG.

Sementara Xiaomi hadir lebih kecil dengan kapasitas 3080mAh. Untuk lebih detil dengan pebandingan pengujian kecepatan dan ketahanan dalam segi baterai kami mengulasnya khusus dalam video di bawah ini: Setelah diuji, ASUS ZenFone 4 Max menunjukkan performa yang lebih gesit dibandingkan Xiaomi Redmi Note 5A. Tes dilakukan dengan membuka aplikasi seperti media sosial, game dan aktivitas lainnya pada ponsel.

Disamping itu, pada pengujian daya taha baterai jika dilihat dari kapasitas baterai, ZenFone 4 Max jauh lebih unggul dibandingkan kapasitas baterai yang digunakan Redmi Note 5A. ZenFone 4 Max juga memiliki pengolahan manajemen baterai yang lebih baik.

Namun, begitu faktor utama yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih Xiaomi Redmi Note 5A ketimbang ZenFone 4 Max ialah harga. Redmi Note 5A menawarkan harga yang lebih murah ketimbang ZenFone 4 Max. ZenFone 4 Max ditawarkan dengan banderol Rp2,3 juta, sedangkan Redmi Note 5A ditawarkan dengan harga Rp1,5 juta.

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top