Sumedang

Bupati H. Eka Setiawan Prioritaskan Perbaikan Jalan dan Jembatan Kecamatan Surian

Sumedang Media – Setelah sebelumnya menjadi pembina pada Upacara Peringatan HUT KORPRI Ke-46 Tingkat Kab. Sumedang, Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan bersama dengan Asisten Pembangunan, Ir. H. Amim, MM, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, kepala BPBD, H. Ayi Rusmana dan rombongan berkesempatan meninjau kerusakan jalan blok Haurpapak Desa Surian dan Sasak Cibodas yang berada di Desa Wanasari Kecamatan Surian.

Amblasnya Jalan Haurpapak Surian diakibatkan tingginya intensitas hujan yang terjadi beberapa hari ini serta sudah tidak layaknya Jembatan Cibodas menjadi masalah besar yang dihadapi oleh masyarakat Surian. Pasalnya, kedua infrastruktur itu merupakan sarana dan kebutuhan vital untuk masyarakat Surian.

Dikatakan Camat Surian Drs. Bahrudin, M.Si, amblasnya jalan juga telah membuat jenis kendaraan roda empat tidak bisa melintas, sehingga akses warga untuk menggunakan jalan itu terganggu. “Jalan yang amblas ini panjangnya kurang lebih 10 meter, dengan kedalaman amblas mencapai satu meter,”ujar Bahrudin.

Sementara itu, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Sumedang, Dr. Ir. Sujatmoko, Dipl, W.R.Eng.,M.Sc disela-sela peninjauan itu mengatakan proses perbaikan Jalan Blok Haurpapak dan Jembatan Cibodas akan secepatnya diselesaikan di Tahun 2018 ini, dengan menggunakan anggaran yang berasal dari APBD murni dan perubahan.

“Mudah-mudahan (perbaikan jalan) dengan anggaran sebesar 700 juta, akhir Desember tahun ini sudah bisa selesai walaupun berupa jalan batu sebelum nantinya kita lakukan penghotmixan di tahun 2018 mendatang,” terang Sudjatmoko.

Sementara itu, lanjut Sudjatmoko, untuk perbaikan jembatan Cibodas telah dialokasikan anggaran murni 2018 sebesar 1,9 M dengan target tahun 2018 pekerjaannya sudah bisa dirampungkan.

“Kita akan tender di akhir Bulan Januari, sehingga pada Bulan Februari sudah dilaksanakan kontrak pekerjaan. Mudah-mudahan 6 bulan pascakontrak (Agustus 2018) pengerjaannya sudah bisa dituntaskan,’’ bebernya.

Sementara itu, Bupati Eka berjanji kerusakan jalan dan jembatan yang berada di Surian itu akan diperbaiki oleh pemerintah secara bertahap. “Mudah-mudahan tahun 2018 perbaikan jalan dan jembatan beres, sehingga dapat secepatnya dipergunakan oleh masyarakat,’’ujar Eka.

Di hari yang sama, Bupati Eka juga menyerahkan 600 sertifikat prona kepada warga Surian yang diselenggarkan di lapang Desa Suriamedal.

Dikatakan Eka, penyerahan sertifikat itu bertujuan untuk meningkatkan serta mengutamakan hak-hak atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat melalui sertifikasi tanah. Menurut Eka, Proyek Operasi Nasional Agraria atau disingkat PRONA merupakan program strategi pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat ekonomi lemah dalam memperoleh kejelasan hukum atas tanah yang dimiliki.

“Penyerahan sertifikat tanah ini merupakan bukti nyata perhatian dari Pemerintah dengan cara memberikan hak penuh untuk masyarakat atas kepemilikan tanahnya, dan saya harap nantinya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” tukasnya.

Sumber : FokusInsani

Warta Terbaru

To Top