Bola

Jumpa Erdogan, Low Harus Coret Ozil dan Gundogan

Sumedang Media, Moskow – Pelatih Jerman, Joachim Low disarankan mencoret Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan dari skuad Der Panzer karena keduanya berpose bersama Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Gundogan dan Ozil menjadi sorotan karena berfoto bersama Erdogan di London pada Mei lalu. Hal itu dinilai wajar, karena Ozil dan Gundogan punya darah Turki.

Tapi, hubungan politis Jerman dan Turki kurang harmonis. Mereka mengklaim, Erdogan kerap melanggar HAM dan diduga memenjarakan beberapa jurnalis.

Saat pertandingan persahabatan Jerman melawan Arab Saudi, terdengar siulan dari suporter Der Panzer saat Gundogan memegang bola. Di laga itu Ozil tidak bermain.

"Ketika mengacu pada nilai-nilai yang kerap kali diungkapkan DFB (Federasi Sepak Bola Jerman), keputusan terbaik ialah mencoret kedua pemain tersebut," ujar legenda Jerman, Stefan Effenberg, dikutip dari Mirror.

Sementara itu, Low dihadapkan pada tugas berat untuk mengangkat moral Gundogan yang mengaku kecewa karena dicemooh fans Jerman.

"Dia sangat kecewa setelah pertandingan itu dan kami harus membangkitkan semangatnya. Mungkin kini keduanya bisa mengembalikan fokus atas apa yang terpenting untuk kami. Kami bisa meraih kesuksesan jika keduanya dalam performa yang kami inginkan," kata Low.

Inilah

Warta Terbaru

To Top