Bola

Alasan Ventura Tak Mau Mundur Usai Italia Gagal

Sumedang Media, Milan – Gianpiero Ventura mendapat sorotan tajam usai Italian gagal melangkah ke Piala Dunia 2018. ia punya alasan untuk menolak mundur dari kursi pelatih.

Italia bakal absen di Rusia 2018 setelah kalah agregat 1-0 dari Swedia di babak playoff. Banyak pihak yang menyebut Ventura sebagai sosok paling bertanggungjawab atas kegagalan Gli Azzurri.

Usai pertandingan, pelatih 69 tahun sudah meminta maaf kepada publik Italia. Namun, ia tidak berpikir untuk mengundurkan diri. Apalagi kontraknya menangani The Nazionale masih sampai 2020 mendatang.

Hadir dalam sebuah acara televisi Le Iene, Ventura menolak terus-terusan dijadikan kambing hitam. ia menyayangkan publik lupa dengan catatan bagus yang pernah ia buat bersama Italia.

"Saya meminta maaf kepada semua orang Italia untuk hasil di playoff. Sangat mengerikan melihat Piala Dunia tanpa Italia, tapi itu sudah terjadi dan sekarang saya tidak bisa melakukan apapun," kata Ventura.

"Saya masih memiliki hasil akhir terbaik dalam 40 tahun: Saya hanya kalah dua kali dalam dua tahun," ia memungkasi.

Ventura ditunjuk menggantikan Antonio Conte pada 7 Juni 2016. Di bawah asuhannya, Italia memang hanya dua kali menelan kekalahan. Mereka kalah 0-3 dari Spanyol di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 yang memaksa Gli Azzurri finish di urutan kedua dan harus melewati playoff.

Di babak playoff, Italia kalah 1-0 di leg pertama dan hanya bisa bermain imbang tanpa gol di pertemuan kedua.

Sumber: Football-Italia

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top