Bola

5 Negara Besar yang Pernah Absen di Piala Dunia

Sumedang Media, Jakarta – Italia gagal tampil di Piala Dunia 2018 setelah dikalahkan Swedia di babak playoff. Italia bukan satu-satunya negara besar yang pernah absen di gelaran bergengsi empat tahunan tersebut.

Italia kalah agregat 1-0 dari Swedia, di pertemuan pertama skuad asuhan Giampiero Ventura menyerah 1-0 kemudian bermain imbang 0-0 di leg kedua di Stadion San Siro, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB.

Hasil itu mengulang catatan buruk tahun 1958 dimana untuk pertama kalinya Italia gagal menembus putaran final Piala Dunia.

Namun, Gli Azzurri tidak sendiri, ada lima negara besar yang juga pernah merasakan pahitnya absen di turnamen sepakbola terakbar sejagad.

1. Belanda

Nasib tak jauh berbeda dialami Belanda yang dipastikan absen di Piala Dunia 2018. Tim Oranje gagal ke Rusia setelah gagal bersaing di babak kualifikasi zona Eropa. Mereka berada di urutan ketiga fase grup.

Pada tahun 2002, Belanda juga pernah gagal tampil di Piala Dunia. Padahal saat itu mereka dihuni sejumlah pemain bintang seperti Ruud van Nistelrooy, Clarence Seedorf, Mark van Bommel, Patrick Kluivert, Frank De Boer, Edwin Van Der Sarm Marc Overmars dan Giovanni van Bronckhorst.

Hal nyaris serupa terjadi di tahun 1982. Diperkuat pemain kenamaan seperti Marco van Basten, Frank Rijkaard, hingga Ruud Gullit tetap saja tak mampu membawa Belanda tampil di Spanyol.

2. Inggris

Sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia, Inggris tercatat pernah gagal tampil di putaran final sebanyak tiga kali. Tetapi, paling mengejutkan ialah absennya The Three Lions di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

saat itu, Inggris diperkuat pemain-pemain hebat seperti Alan Shearer, Ian Wright, Paul Gascoigne, David Platt, Paul Ince, Stuart Pearce, dan Les Ferdinand. Namun, mereka tak mampu lolos dari kualifikasi Grup 2 setelah menempati peringkat tiga di bawah Norwegia dan Belanda.

3. Prancis

Sebelum menjadi juara dunia di tahun 1998, Prancis faktanya pernah absen di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat.

Saat itu, Tim Ayam Jantan gagal bersaing dengan Swedia dan Bulgaria. Les Bleus duduk di peringkat tiga klasemen akhir kualifikasi Grup 6. Padahal, Prancis berisikan pemain-pemain bintang seperti Pierre Papin, Eric Cantona, Didier Deschamps, David Ginola, Laurent Blanc, dan Emmanuel Petit.

4. Argentina

Argentina tercatat pernah empat kali absen di Piala Dunia antara lain di tahun 1938, 1950, 1954 dan 1970.

Dari empat kegagalan tersebut, hanya di tahun 1970 Albiceleste gagal ke putaran final karena tampil buruk di babak kualifikasi. Sisanya, Tim Tango urung tampil karena urusan di luar sepakbola seperti kondisi politik.

5. Portugal

Portugal pernah absen tampil di Piala Dunia 1998, kegagalan itu terbilang sangat mengejutkan pasalnya skuad mereka saat itu dihuni deretan pemain bintang seperti Rui Costa, Luis Figo, dan Joao Pinto.

Namun, itu tak menjadi jaminan. Mereka malah kesulitan bersaing dengan Jerman dan Ukraina di babak kualifikasi. Selecao das Quinas hanya bisa menempati posisi tiga di Grup 9.

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top