Bola

Penutup Karier yang Tragis Bagi Buffon

Sumedang Media, Milan – Gianluigi Buffon harus mengubur impiannya bermain di piala dunia terakhir. ia harus pensiun lebih awal dari yang direncanakan setelah Italia dipastikan gagal lolos ke Rusia 2018.

Buffon pertama kali merasakan atmosfer Piala Dunia di tahun 1998, saat itu ia masih jadi kiper cadangan setelah Gianluca Pagliuca. Kemudian ia berturut-turut tampil di tahun 2002, 2006, 2010 dan 2014 sebagai kiper utama.

Prestasi terbaiknya ialah mengantarkan Gli Azzurri jadi kampiun Piala Dunia 2006 di Jerman.

Andai Italia lolos ke putaran final piala dunia tahun depan, itu akan menjadi penampilan keenamnya di ajang bergengsi empat tahunan tersebut. Sepanjang sejarah, belum ada pemain yang enam kali main di Piala Dunia.

Dengan usia yang sudah menginjak 39 tahun, Buffon sudah memikirkan rencana gantung sepatu bersama timnas Italia setelah Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sayang, rencana Buffon tak terwujud menyusul kegagalan Italia lolos ke putaran final usai dihentikan Swedia (1-0) di babak playoff.

Usai pertandingan Leg II di Stadion San Siro, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB, yang berkesudahan imbang tanpa gol, Buffon tak bisa membendung kesedihannya. ia pun memberi sinyal akan pensiun setelah ini.

"Sangat disayangkan pertandingan resmi terakhir saya bertepatan dengan kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia," kata Buffon.

Meskipun gagal ke Rusia 2018, kiper Juventus itu meyakini sepakbola Italia masih punya masa depan cemerlang dengan banyak pemain berkualitas.

"Tentunya, ada masa depan untuk sepakbola Italia karena kami punya kebanggaan, kemampuan, determinasi, dan setelah terjatuh, kami selalu menemukan jalan untuk berdiri lagi," ia memungkasi.

Sejak menjalani debut bersama timnas Italia pada Oktober 1997, ia sudah tampil sebanyak 179 kali dan tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di timnas.

Sumber: Football-Italia

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top