Nasional

Rommy Dianggap yang Paling Layak Dampingi Jokowi

Sumedang Media, Jakarta – Hasil survei The Intiative Institute tentang apa yang diinginkan para elite (whats the elites want?) menyebutkan nama M. Romahurmuziy memenuhi sejumlah kriteria Cawapres yang layak mendampingi Joko Widodo. Salah satunya dari kriteria ketua umum partai.

"Dari sekian parpol koalisi, Rommy dinilai paling memenuhi kriteria untuk mendampingi Jokowi pada periode kedua 2019-2024," kata Airlangga Pribadi, CEO The Initiativ Institute di Jakarta, Senin (16/7/2018).

Airlangga menyebut bahwa hasil survei ini sebenarnya menilai bahwa Prabowo Subinto lah ketua partai yang dinilai paling pas menjadi Cawapres. Namun karena Gerindra tidak masuk dalam koalisi Jokowi, dan Prabowo diajukan sebagai Capres, maka ia dipastikan tidak akan digandeng Jokowi. Rommy mengungguli ketua partai lainnya seperti Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartanto, dan Surya Paloh.

Survei ‘whats the elites want?’ yang dilaksanakan pada 10-15 Juli  ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan purposive sampling, dimana para responden memiliki informasi cukup baik tentang kebijakan dan karakteristik tokoh. Para responden itu terdiri dari akademisi, jurnalis, pegiat LSM, hingga para professional. Dalam menilai kepemimpinan sejumlah nama yang masukd alam survei, para responden memilih integritas, mampu memecahkan masalah dan merakyat

Dosen Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini juga menyebutkan, Rommy  juga bisa dipilih sebagai Cawapres yang mewakili klaster pemuda. Selain Rommy ada juga Anies Baswedan Agus Harimurty Yudhoyono (AHY). Diantara tokoh berlatar belakang Islam, Rommy masuk dalam tiga besar bersama Mahfud MD, TGB Zainul Mundji.

Setidaknya ada kriteria yang membuat Rommy layak mendampingi Jokowi yaitu ketua umum umum partai, tokoh muda dan berlatar belakang Islam. Dalam semua kriteria ini, para responden tidak ada yang menyebut Rommy memiliki nilai rendah.

Selama ini selain Ketua Umum PPP, Rommy juga dikenal berasal dari keluarga NU.  Bahkan ia merupakan cicit dari pendiri NU,  KH Wahab Hasbullah. Dari sisi usia,  Rommy juga belum genap berusia 45 tahun. [rok]

Inilah

Warta Terbaru

To Top