Nasional

Ulama Muda Pendukung Jokowi Kecewa dengan HNW

Joko Widodo

Sumedang Media, Jakarta – Wakil Koordinator SAMAWI (Solidaritas Ulama Muda Jokowi) Banten, KH Imaduddin Utsman meminta pihak opisisi untuk tidak membuat pernyataan yang menggelisahkan dan menyakitkan terhadap dukungan SAMAWI kepada petahana Joko Widodo.

Menurut dia, pernyataan Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid (HNW) terkait peserta yang hadir dalam halal bi halal dan deklarasi SAMAWI tidak menunjukkan wajah ulama.

"Tentu pernyataan beliau membuat kegelisahan dan menyakitkan kami. Karena yang hadir dalam acara halal bi halal ulama muda itu, juga hadir para ulama kharismatik dari berbagai daerah," kata Imaduddin, Jumat (13/7/2018).

Pengasuh Pondok Pesantren NU Kresek Banten ini mengatakan yang hadir dalam acara itu tentu ada ratusan ulama sepuh, baik posisinya sebagai Majelis Syuro SAMAWI maupun undangan. Disamping itu, banyak juga para santri dan jamaah yang dibina selama ini hadir dalam acara tersebut.

"Sehingga disaat para ustaznya hadir, banyak juga santri dan jama'ah yang menyertai," ungkapnya.

Ia menilai HNW merupakan petinggi PKS (Partai Keadilan Sejahtera) yang merupakan partai oposisi dan berseberangan dengan Jokowi, sehingga apapun dukungan kebaikan untuk Jokowi akan dilihat politis.

"Pastinya hanya mencari kesalahan dan ketidakbaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan Bapak Jokowi. Seharusnya jika HNW punya mata bathin yang kuat, silahkan buat aja dukungan ulama untuk atau capres PKS yang ada 9 orang," jelasnya.

Memang, kata dia, oposisi dan saling kritik itu hal yang sah dalam negara demokrasi. Namun, HNW harusnya tidak berstatemen seperti itu mengingat beliau sebagai orang yang cukup paham ilmu agama, petinggi lembaga negara juga.

"Jangan karena ketidaksenangan terhadap jokowi, dibalas dengan statemen politik. Meski oposisi mestinya tetap menggunakan akal sehat dalam berpolitik. Jangan sampai karena ketidaksenangan dengan suatu kaum, membuatnya berlaku tidak adil," tandasnya. [ton]

Inilah

Warta Terbaru

To Top