Nasional

Pemerintah Janjikan PNS untuk Zohri

Sumedang Media, Jakarta – Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan akan mengangkat atlet Lalu Muhammad Zohri yang berhasil meraih medail emas di kompetisi Asia Atletik Junior 2018 di Finlandia sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Ia mengungkapkan, Zohri akan diangkat menjadi PNS melalui jalur formasi khusus. Hal ini telah disepakati oleh seluruh jajaran Kemenpan RB.

"Tadi saya sudah putuskan, termasuk juga ini nanti akan menjadi program 2018 ini. Sebentar lagi kita akan umumkan penerimaan PNS baru, saya akan masukkan ke situ. Zohri ini akan kita angkat jadi PNS dengan formasi khusus," ujar Asman di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

Politikus PAN ini menjelaskan, pengangkatan Zohri sebagai PNS oleh pemerintah karena telah memenuhi kriteria sebagai atlet berprestasi tingkat dunia.

"Tinggal nanti menunggu umurnya 18 tahun. Kalau nggak salah tahun ini 18 tahun. Tujuannya untuk memberi motivasi dan memberi penghargaan untuk juara dunia. Itu kan, nggak gampang. ia punya jaminan masa depan yang baik seperti bisa melatih, menjadi contoh bagi generasi berikutnya," paparnya.

Asman menjelaskan, formasi khusus ini ialah Zohri akan ikut sistem CPNS namun dibebaskan pada tes kompetensi bidang. Soal posisi, ia mengatakan bakal ditempatkan di Kemenpora.

"Nanti di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Jadi biar nanti, sementara ini ia bekerja sebagai atlet, nanti di Kemenpora pegawai negerinya. Setelah ia tidak jadi atlet lagi, nanti jadi pelatih dia. Kompetensinya apa akan disesuaikan disaat umur tertentunya, apakah mau kembali ke daerahnya bisa kita pindahkan ke provinsi asalnya," jelasnya. [ton]

Inilah

Warta Terbaru

To Top