Nasional

Akui ‘Ternak’ Dolar, Moeldoko Bakal Tukar Rupiah

Sumedang Media, Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tak menampik bahwa dirinya merupakan salah satu pejabat negara yang menyimpan mata uang dolar sebagai aset harta kekayaan miliknya.

Ia mengatakan, terungkapnya dirinya menjadi 'peternak' dolar saat dirinya menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) lima tahun silam. Namun, dirinya mengatakan belakangan ini uang dolar miliknya telah menyusut.

"Iya, betul. Memang saya waktu LHKPN 2013 menyimpan Dolar, tapi dua kali anak saya kuliah di luar negeri di Inggris dan AS. Sebagian Dolar saya pasti menyusut," ujar Moeldoko di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

Mantan Panglima TNI ini pun mengakui memiliki investasi Dolar yang hingga kini masih ada. Akan tetapi, dirinya memastikan sisa uang Dolar miliknya akan ditukar dengan mata uang dalam negeri untuk membantu meningkatkan nilai tukat Rupiah.

"Saya ada investasi yang bentuknya juga Dollar. Nah itu kami gunakan. Masih ada sedikit sih, cuma saya ancang-ancang jual di-rupiahkan saja untuk membantu," ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau seluruh pihak, tak hanya pejabat negara agar yang hingga kini masih menyimpan banyak dolar agar secepatnya menukarkannya ke mata uang rupiah.

"Memang ini tanggung jawab kita semua. Saya imbau dan secepatnya lakukan untuk tukar dollar. Saya tinggal sedikit sih, tapi saya komitmen pada diri saya. Dulu waktu panglima mensponsori jual dolar, sekarang juga saya mengimbau siapapun yang memiliki dolar uintuk ditukarkan saja. Kita harus memiliki nasionalisme sama menjaga negara ini untuk survive terus," tuturnya.

Sebagaimana diberitakan, ekonom Faisal Basri mengungkapkan salah satu penyebab masih tingginya nilai tukar dolar saat ini yang bertahan di angka Rp14.000. Salah satu penyebab itu ialah banyaknya penyabat yang menyimpan kekayaan dalam bentuk mata uang asing.

Menurutnya, sikap ini mencerminkan para pejabat tidak percaya terhadap komitmen pemerintah. Ia mengungkapkan salah satu pejabat yang diketahui memiliki harta kekayaan dalam bentuk Dolar ialah Moeldoko.

Ia menyebut pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan itu menyimpan harta sebesar USD 200 ribu. Hal ini diketahui dari data LHKPN milik Moeldoko yang bisa diakses informasinya oleh publik. [rok]

Inilah

Warta Terbaru

To Top