Nasional

Jokowi Akui Banyak Sengketa Tanah Wakaf

Joko Widodo

Sumedang Media, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 196 sertifikat hak atas tanah wakaf tempat-tempat ibadah di Sumatera Selatan, Jumat (13/7/2018).

Penyerahan sertifikat tanah wakaf ini dilakukan Jokowi usai melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Raya Taqwa, Kota Palembang siang tadi.

Kepala Negara menjelaskan alasan pemerintah membagikan sertifikat tanah wakaf  karena belakangan banyak sekali sengketa tanah yang berkaitan dengan baik masjid dan musala, pondok dan madrasah.

“Saya berikan contoh, ada di salah satu provinsi, masjid terbesar di provinsi itu separuh dari lahannya masih sengketa," kata Jokowi di lokasi.

Ia pun mengakui sengketa lahan masjid wakaf maupun tempat ibadah lainnya dengan ahli waris lahan memang banyak terjadi di sejumlah daerah, tak hanya di Sumsel.

Untuk itu, pemerintah memastikan akan mempercepat proses penerbitan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di seluruh Tanah Air.

"Ini menjadi program BPN untuk menyelesaikan. Memang baru sedikit, baru puluhan ribu. Insya Allah tahun ini dan tahun depan akan secepatnya semuanya kita selesaikan terutama untuk tempat-tempat ibadah masjid, musala, madrasah, dan pondok-pondok pesantren yang ada," jelasnya. [ton]

Inilah

Warta Terbaru

To Top