Nasional

KPK Tolak Bentuk Lembaga Pengawas

Sumedang Media, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak rekomendasi Pansus Angket DPR untuk membentuk sebuah lembaga pengawas. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya sudah mempunyai pengawasan.

"Kalau internal saya kira sudah ada ya. Kalau eksternal juga sudah ada. Kita tentu tidak perlu mengada-adakan sesuatu yang sebenarnya sudah dilaksanakan," kata Febri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2018).

Terkait usulan pembentukan lembaga pengawas itu, KPK sendiri saat ini sudah mempunyai deputi khusus untuk melakukan pengawasan di internal.

"Tentu di bawahnya ada direktur yang bertugas untuk melakukan pengawasan internal. disaat pimpinan diduga melanggar kode etik ada mekanisme pengawasan yang melibatkan pihak eksternal yang disebut dengan komite etik misalnya," tutur Febri.

"Secara umum pengawasan kinerja dilakukan oleh DPR. Namun hal penting yang perlu kita ingat pengawasan itu tidak boleh masuk pada ranah judisial," tambahnya.

Sebelumnya, DPR telah mengirimkan surat rekomendasi Pansus Angket KPK ke lembaga antirasuah itu. KPK juga telah membalas surat itu ke DPR. Rekomendasi Pansus Angket KPK itu akan dibacakan dalam sidang Paripurna DPR yang dijadwalkan pada Kamis (15/2/2018) besok. [ton]

Inilah

Warta Terbaru

To Top