Nasional

KPK Sebut Status Novanto Telah Menjadi Terdakwa

Sumedang Media, Jakarta – Kabiro hukum KPK Setiadi mengatakan status Setya Novanto saat ini telah menjadi terdakwa dalam kasus korupsi e – KTP. Karena pelimpahan berkas perkara oleh KPK ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

"Beralihnya status pemohon Setya Novanto dalam perkara quo dari status tersangka menjadi terdakwa telah secara jelas dan tegas berdasarkan  surat pelimpahan perkara acara pemeriksaan biasa atas nama terdakwa Setya Novanto Nomor B- 436/24/12/2017 tanggal 6 Desember 2017," kata Setiadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2017).

Setiadi menyebutkan KPK berpegang pada Pasal 1 angka 15 KUHAP tentang status Novanto menjadi terdakwa.

"Maka hal ini didasarkan pengertian terdakwa yang diatur dalam Pasal 1 angka 15 KUHAP yang menyatakan sebagai berikut, terdakwa merupakan seorang tersangka yang dituntut diperiksa dan diadili di sidang pengadilan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan hal tersebut, sehingga pelimpahan perkara atas nama terfakwa Setya Novanto yang dilakukan termohon kepada Pengadilan Tipikor Jakarta, untuk secepatnya memeriksa, mengadili dan memutuskan perkara pemohon.

Kemudian, sidang praperadilan Novanto akan dilanjutkan dengan agenda mendegarkan saksi ahli dari pihak pemohon pada Senin (11/12/2017) mendatang. Dengan saksi berjumlah tiga orang. [ton]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top