Nasional

Abu Vulkanik Gunung Agung tak Ganggu Bandara

Sumedang Media, Denpasar – Gunung Agung Jumat pagi (8/12) kembali erupsi untuk kedua kalinya. Letusan tipe freatik terpantau terjadi pukul 07.59 WITA.

Rupanya tak hanya sekali gunung setinggi 3.142 mdpl itu erupsi‎. Asal kelabu tebal dengan tekanan sedang membumbung tinggi dari puncak kawah.

"Iya Betul tadi erupsi pukul 07.59 WITA. Beberapa menit kemudian erupsi lagi. Asap dan abu vukanik mencapai 2.100 meter," kata Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana, Jumat (8/12/2017).

Devy menegaskan jika abu vulkanik yang membumbung tinggi itu tak mengganggu aktivitas penerbangan di wilayah udara Bali. "Arah asap cenderung ke barat dan sejauh ini tidak mengarah ke bandara (Ngurah Rai)," jelas Devy.

Sementara, Communication & Legal Section Head Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim membenarkan aktivitas penerbangan di bandara masih berjalan normal. "Alhamdulillah masih aman," kata Arie.

Di sisi lain, warga di beberapa titik me‎laporkan merasakan hujan abu. Salah satunya warga di sekitaran Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Karangasem. Dalam laporan periodik yang disusun PVMBG mulai pukul 06.00 WITA‎ hingga pukul 12.00 WITA‎, secara visual gunung teramati dengan jelas.

Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal dengan ketinggian 1.000-2.100 meter dari puncak kawah. Teramati letusan dengan tinggi 2.100 meter dan warna asap putih dan kelabu.

Asap warna kelabu tebal bercampur abu dengan ketinggian 2.100 meter di atas puncak condong ke arah barat. Terjadi gempa letusan 1 kali, gempahembusan 10 kali, gempa low frekuensi 7 kali, gempa vulkanik dalam 2 kali. ‎Tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 1-2 milimeter (dominan 1 milimeter).

Saat pengamatan dilakukan, cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat. Suhu udara 23-30 derajat celcius dan kelembaban udara 62-89 persen.[jat]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top