Nasional

Otto Hasibuan Mundur dari Kuasa Hukum Novanto

Sumedang Media, Jakarta – Otto Hasibuan mengundurkan diri dari tim kuasa hukum Ketua DPR RI Setya Novanto dalam penanganan perkara dugaan korupsi pengadaan KTP elektronik atau eKTP.

"Jadi terhitung kemarin berlaku hari ini, maka saya tidak menjadi kuasa hukum Setya Novanto lagi, dengan resmi saya mengundurkan diri sebagai kuasa hukum beliau," kata Otto di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Surat pengunduran dirinya langsung diserahkan kepada KPK. Alasan ia mundur dari tim kuasa hukum karena belum adanya kesepakatan.

"Sehingga kalau tidak ada kesepakatan yang pasti dan jelas tentang suatu perkara tata caranya, maka itu dapat menjadi kerugian bagi ia dan saya," ujar dia.

Novanto ditetapkan sebagai tersangka setelah diduga ikut merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun dalam proyek KTP-el. Menurut KPK, Novanto berperan dalam pemberian suap terkait proses penganggaran proyek KTP-el di DPR RI, untuk tahun anggaran 2011-2013.

Disamping itu, Novanto juga berperan dalam mengarahkan dan memenangkan Konsorsium PNRI menjadi pelaksana proyek pengadaan KTP-el.

Setya Novanto juga diduga mengatur supaya anggaran proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun disetujui oleh anggota DPR. Disamping itu, ia juga diduga mengondisikan pemenang lelang dalam proyek e-KTP sewaktu menjabat Ketua Fraksi Golkar di DPR. [rok]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top