Nasional

KPK Taktis Hadapi Praperadilan Novanto

Sumedang Media, Jakarta – Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menilai langkah KPK merampungkan berkas pemeriksaan Ketua DPR Setya Novanto tepat.

Berkas Novanto dinyatakan lengkap atau P21 sehari sebelum sidang gugatan praperadilan Novanto di Pengadilan Jakarta Selatan digelar.

"Dengan sudah diprosesnya P.21 menunjukan KPK sudah bertindak profesional," kata Abdul Fickar kepada Sumedang Media, Kamis (7/12/2017).

KPK telah menyerahkan perkara ke JPU sudah P21. Jika JPU sudah menganggap lengkap berkasnya dinyatakan P.21 dan disusun dakwaan, kemudian diserahkan ke pengadilan. Pengadilan setelah menerima berkas perkara menentukan hari sidang. Jika pada sidang pertama praperadilan belum diputus, maka praperadilan dinyatakan gugur.

Pengadilan Tipikor sendiri sudah mengumumkan sidang perdana kasus Novanto akan digelar pada tanggal 13 Desember atau Rabu minggu depan. Tepat sehari sebelum putusan praperadilan Novanto dibacakan.

"KPK telah bertindak taktis, telah memberi ruang saksi-saksi yang meringankan, tetapi juga tetap menyelesaikan berkas pada waktunya," ungkapnya.

Diproses penyidikan, Novanto sempat mengajukan puluhan saksi untuk meringankan. Namun dari 12 saksi meringankan yang diajukan, hanya segelintir yang hadir dan memberikan kesaksian meringankan untuk Novanto.

Meski begitu, KPK tak mau berlarut-larut menunggu saksi-saksi meringankan Novanto datang. Sebab, ada indikasi kuat Novanto sengaja mengulur waktu pemeriksaan saksi meringankannya agar berkasnya tak kunjung selesai hingga praperadilan rampung.

"Meskipun pihak tersangka terus melakukan manuver agar berkas tidak selesai sebelum putusan praperadilan dengan mengajukan saksi-saksi yang meringankan dan ahli yang tidak datang seluruhnya," ungkapnya.

Kini dengan telah terjadwalnya sidang perdana perkara eKTP, maka kesempatan Novanto terbebas dari status tersangka sudah habis. Sebab putusan praperadilannya akan digelar Kamis atau Jumat minggu depan. Satu hari setelah sidang perdana kasus eKTP digelar.

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top