Nasional

Andi Narogong Siap Kerja Sama dengan KPK

Sumedang Media, Jakarta – Tim Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Andi Agustinus alias Andi Narogong menjadi justice collaborator (JC) atau saksi yang mau bekerja sama dengan penegak hukum.

"Pada 5 Desember 2017, pimpinan KPK menetapkan terdakwa sebagai saksi pelaku atau JC,” kata jaksa KPK Nur Haris saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).

Status itu diberikan Jaksa lantaran Andi dinilai memenuhi syarat sebagai saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum. Sebab, kata dia, keterangan Andi bisa membantu penegak hukum mengungkap kasus e-KTP.

Status JC ini, lanjut Jaksa, sebagai salah satu yang meringankan dalam tuntutan pihaknya. Disamping itu, Andi dinilai nenyesali perbuatan dan berjanji tidak mengulangi perbuatan.

Adapun Andi dituntut 8 tahun penjara dan denda Rp1 miliar oleh jaksa KPK. Menurut jaksa, Andi terbukti memperkaya diri sendiri, orang lain dan korporasi dalam korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Perbuatan Andi juga telah membuat kerugian negara Rp2,3 triliun. [ton]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top