Nasional

KPK Panggil Sareh Wiyono untuk Tersangka Rohadi

Sumedang Media, Jakarta – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil anggota Komisi II DPR RI Sareh Wiyono terkait kasus dugaan gratifikasi mantan panitera pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara Rohadi.

"Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka R (Rohadi)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (7/12/2017).

Adapun pemeriksaan ini bukan yang pertama kali. ia sudah dua kali diperiksa sebagai saksi untuk Rohadi oleh KPK, pada 22 Juli dan 6 Oktober 2016.

Sareh diperiksa lantaran diduga memberikan uang sebesar Rp700 juta kepada Rohadi. Sareh telah membantah uang Rp700 juta itu untuk urus perkara ke Rohadi. Uang itu merupakan pinjaman untuk Rohadi yang sedang membangun Rumah Sakit di Indramayu disaat itu.

Adapun Rohadi adaah terpidana suap penanganan perkara suap pedangdut Saipul Jamil. ia divonis 7 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider 3 bulan kurungan. ia dinilai terbukti menerima suap.

Selain kasus suap, Rohadi juga ditetapkan sebagai tersangka penerima gratifikasi dan pencucian uang.

ia ditetapkan sebagai tersangka penerimaan gratifikasi dalam kapasitasnya sebagai panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan Pengadilan Negeri Bekasi terkait pengurusan perkara di MA

Untuk kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU), Rohadi diduga menyamarkan sejumlah aset yang disinyalir didapat dari hasil korupsi. [rok]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top