Nasional

KemenPAN-RB Apresiasi Zona Integritas Polres Batu

Sumedang Media, Jakarta – Tim penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mendatangi Mapolres Batu, Jawa Timur untuk melakukan penilaian terhadap pembangunan Zona Integritas Polres Batu.

Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto mengatakan tim penilai dipimpin Kepala Bidang Pemantauan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Aris Samson. Kemudian, mereka disambut oleh Wakapolres Batu Kompol Nurmala ‎serta jajaran.

"Zona integritas ini dibangun untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)," kata pria yang akrab disapa Budher ini, Rabu (15/11/2017).

Zona integritas itut sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian dan lembaga yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih serta melayani melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

‎Sedangkan, wilayah bebas korupsi sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi syarat indikator hasil WBK dan memperoleh hasil penilaian indikator proses di atas 75 pada zona integritas yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WDP) dari BPK atas laporan keuangannya.

Menurut dia, Polres Batu merupakan salah satu satuan kerja yang dipilih dari wilayah Malang Raya selain Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu. Bahkan, kinerja Polres Batu juga telah dilakukan penilaian oleh Irwasda Polda Jawa Timur sesuai evaluasi kerja periode Mei-Oktober‎ 2017.

"Alhamdulillah tim penilai mengapresiasi terbentuknya operator pembangunan zona integritas di Polres Batu," ujar mantan Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya ini.

Ia menambahkan tim penilai sempat meninjau lokasi pelayanan publik, yaitu pelayanan penerbitan Surat Ijin Mengemudi (SIM) pada Satuan Lalu Lintas Polres Batu dan pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) pada Satuan Intelkam Polres Batu.

"Diharapkan layanan terpadu itu dapat memberikan pelayanan publik secara maksimal dengan didukung sumber daya manusia Polri yang profesional, modern dan terpercaya," tandasnya. [ton]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top