Nasional

2.213 Data Parpol di Rejang Lebong Bermasalah

Sumedang Media, Rejang Lebong – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menemukan 2.213 lembar berkas pendaftaran partai politik bermasalah.

Ketua KPU Rejang Lebong Halid Saifullah, menjelaskan hasil verifikasi administrasi berkas pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2019 oleh pihaknya ditemukan ribuan data bermasalah atau tidak memenuhi syarat (TMS).

"Besok, tanggal 16 dan 17 November 2017 hasil verifikasi pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu tahun 2019, seterusnya berkas yang tidak memenuhi syarat ini harus diperbaiki. Mereka diberikan waktu selama 14 hari terhitung 18 November sampai 1 Desember 2017," ucapnya, Rabu (15/11/2017).

KPU pun melakukan pendalaman terhadap dua hal pertama penelitian administrasi berkas, apabila data KTA dan KTP tidak sama dengan sistem informasi politik (Sipol) KPU RI. Sedangkan yang kedua meliputi data ganda, baik ganda internal maupun eksternal.

Adanya data ganda atau TMS itu sendiri sudah mereka jelaskan kepada pengurus 13 Parpol baik partai lama maupun Parpol baru. Selain itu data-data hasil verifikasi administrasi ini juga sudah dimasukkan dalam data Sipol KPU.

Sementara itu untuk partai lama  mendapatkan dua perlakukan yakni penelitian administrasi saat ini sudah benar datanya maka tidak akan dilakukan verifikasi faktual. Sedangkan untuk tiga parpol baru nantinya akan menjalani verifikasi faktual yakni Partai Perindo, Bekarya dan Partai Garuda. [tar]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top