Nasional

Teten Yakin Densus Tipikor Polri Tak Lemahkan KPK

Sumedang Media,  Jakarta  – Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki memastikan, pemerintah belum pernah membahas rencana pembentukan Densus Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polri sebelum diangkat ke dalam rapat internal hari ini, Selasa (24/10/2017).

Ia pun memastikan, melalui hasil rapat pemerintah yang juga menghadirkan Ketua KPK Agus Rahardjo ini memutuskan untuk menunda pembentukan densus tipikor di tubuh kepolisian.

"‎Ini kan, dari sisi prosedur pun sebenernya tidak pernah dibahas di ratas, rakor (di tingkat) Menko. Sehingga ini baru ide yang masih harus dibahas kembali. Polri masih terus dapat memberantas tindak pidana korupsi sesuai Undang-undang," kata Teten di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2017).

Meskipun ditunda, dirinya memastikan rencana pembentukan densus ini tetap akan dibahas di Kemenkopolhukam. Ia berharap publik melihat isu pembentukan densus ini merupakan bagian dari reformasi kelembagaan Polri untuk memperbaiki sistem penegakan hukumnya.

"Saya kira memang Undang-Undang Polri, Undang-Undang Kejaksaan dan KPK ini kan, masih memungkinkan kejaksaan dan kepolisian menangani korupsi. Cuma sekarang ide Densus (Tipikor) itu perlu dibicarakan lagi di tingkat Menko. Kemudian karena ada unsur pencegahan, ini seperti duplikasi dengan KPK. Sehingga mungkin ditafsirkan melemahkan. Mungkin juga timing-nya yang bersamaan. Di DPR juga sedang ada pansus angket KPK. Jadi, sebenernya kalau penegakan hukum tipikor itu saya kira itu hal positif," tukasnya. [ton]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top