Nasional

MRI Jakarta Raya akan Adakan Orientasi Relawan

MRI Jakarta Raya akan Adakan Orientasi Relawan

Sumedang Media, JAKARTA — Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Wilayah Jakarta Raya akan menyelenggarakan orientasi Relawan pada hari Ahad (13/1). Kegiatan tersebut merupakan format pengenalan tentang MRI maupun Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Humas dan Komunikasi MRI Wilayah Jakarta Raya, Ashma Mardhiyatu Musyaffa, mengatakan, pada pekerjaan orientasi relawan ini akan dikatakan pengenalan sejarah MRI, sejarah ACT, serta informasi program-program apa saja yang telah dilakukan. “Kurang lebih pada pengenalan saja,” ucap wanita yang akrab disapa Ashma, Sabtu (12/1).

Ashma mengatakan, formalnya, pekerjaan orientasi relawan dilaksanakan di wilayah dan wilayah. Untuk MRI Daerah, pekerjaan yang menjadi di antara program MRI ini seringkali dilakukan tidak tentu waktunya.

“Tapi dalam masa-masa dekat ini MRI Wilayah bakal adakan orientasi relawan lebih intens yaitu dalam sebulan dapat sampai dua kali orientasi,” ucap Ashma.

Ashma yang pun alumnus Diploma dari Politeknik Negeri Jakarta ini menyampaikan, terdapat syarat untuk orang yang hendak mengikuti Orientasi Relawan. Syarat tersebut mudah, yakni harus punyai jiwa sosial. 

“Yang urgen ada jiwa kesosialan, kepedulian, kerelawanan, serta berkomitmen guna kedepannya bisa terjun di dunia relawan”, ungkapnya. 

Pihaknya tidak memberi batas usia peserta yang bakal mengikuti pekerjaan ini. Siapa saja boleh berpartisipasi dalam pekerjaan besok.

“Acara-acara kita tersebut tidak diberi batas usia. Adik-adik SMA pun telah ada yang ikut. Waktu tersebut kita pernah berangkatkan relawan psikososial ke Lombok dan Palu, tersebut usianya terdapat yang menjangkau 50 tahun,” ungkapnya untuk .

Ashma menambahkan, sampai saat ini telah ada 84 orang yang mengikutsertakan diri guna acara besok. Namun, untuk masyarakat yang masih hendak mendaftar, ia menuliskan dapat langsung menghubungi MRI. Kuota peserta masih lumayan banyak.

MRI Wilayah Jakarta Raya ini merangkum 16 wilayah binaan, yakni wilayah yang sedang di Jabodetabek.  Ashma mengatakan, target dari program Orientasi Relawan yaitu dapat merekrut relawan baru dari sekian banyak macam bidang, usia, suku. ia pun bercita-cita ke depannya, pekerjaan orientasi ini bisa menampung teman- rekan yang hendak menjadi relawan namun belum tahu hendak bergabung dimana.

Tidak melulu itu, ia juga bercita-cita dapat membuka wawasan dunia kerelawanan yang luas, tidak melulu kebencanaan. “Tapi terdapat relawan lingkungan, relawan pendampingan masyarakat relawan medis, relawan rescue,” ucapnya.

Ashma menyampaikan, program Orientasi Relawan tersebut akan dibuka pukul 13.00 WIB sampai selesai. Program itu dilakukan di Menara 165 lantai 9, TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan.

Warta Terbaru

To Top