Nasional

Kumpulkan Ojek Online, Jokowi Janjikan Regulasi

Kumpulkan Ojek Online, Jokowi Janjikan Regulasi

Sumedang Media, JAKARTA – Ribuan pengemudi angkutan dari Gojek, Grab dan Bluebird Group berkumpul di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1). Acara tersebut dalam rangka Silaturahmi Nasional (Silatnas) Pengemudi Online bareng Presiden Joko Widodo. Pada peluang kali ini, Presiden Jokowi menjanjikan bahwa bakal secepatnya menerbitkan regulasi berhubungan ojek .

“Saya telah perintahkan Menteri Perhubungan (Menhub) guna buat payung hukum yang jelas. Sudah terbit regulasi guna taksi , lantas sekarang sedang digodok guna ojek ,” kata Presiden dalam sambutannya, Sabtu pagi.

Presiden menegaskan pentingnya regulasi supaya adanya garansi profesi ojek di Indonesia. Disamping itu, regulasi juga berfungsi untuk perusahaan aplikator dan konsumen angkutan . Ia juga mengakui bahwa penetapan regulasi pemerintah masih kalah cepat daripada inovasi teknologi. Termasuk di sektor transportasi .

Jokowi juga menekankan regulasi yang dibuat supaya seorang ojek mempunyai standar keselamatan dalam berkendara. Salah satu yang ditekankan yakni berhubungan larangan memakai ponsel disaat mengemudi motor.

Sebab, sebagaimana diketahui, tidak sedikit ojek ketika ini yang kerap memakai ponsel disaat berkendara. Baik dalam berkomunikasi biasa maupun disaat menerima pesanan atau order dari calon penumpang.

“Jangan hingga ceroboh. Saya tidak jarang lihat gunakan ponsel seraya bawa penumpang. Hati-hati, tidak boleh sampai terjadi kecelakaan,” ungkapnya. Presiden juga menjanjikan bahwa aturan ojek akan terbit dalam masa-masa dekat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pihaknya ketika ini tengah mengerjakan komunikasi intensif bareng perusahaan aplikator dan asosiasi pengemudi transportasi online.

Berdasarkan keterangan dari dia, keselamatan menjadi urusan yang utama sampai-sampai aturan ojek online menitikberatkan pada standar keselamatan dan keamanan. Terutama aturan pemakaian helm, kecepatan motor, dan pemakaian ponsel disaat mengemudi.

“Kami akan menata suatu aturan yang berasaskan kesetaraan, keadilan, dan mengkhususkan keselamatan,” ungkapnya.

Warta Terbaru

To Top