Nasional

Lima Gubes Ditetapkan sebagai Bakal Calon Rektor UNS

Lima Gubes Ditetapkan sebagai Bakal Calon Rektor UNS

Sumedang Media, SOLO – Sebanyak lima guru besar diputuskan sebagai Bakal Calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Kelimanya ditetapkan lolos seleksi administrasi dalam Proses Seleksi dan Pemilihan Rektor UNS periode 2019-2023 oleh Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UNS pada 6-7 Januari 2019 di Ruang Sidang 1 UNS.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNS, Sahid Teguh Widodo, mengatakan, menurut persyaratan administrasi yang ditentukan, lima akan calon rektor itu sukses melewat langkah seleksi administrasi guna melaju ke langkah proses seleksi seia menambahkan.

Kelima akan calon rektor yang lolos seleksi yakni, Jamal Wiwoho, Mohammad Furqon Hidayatullah, Muhammad Nizam, Sutarno, dan Widodo Muktiyo.

“Kelimanya ditetapkan lolos seleksi dan berhak maju ke langkah berikutnya” ungkap Sahid untuk wartawan dalam jumpa pers di Gedung Kantor Pusat UNS, Jumat (11/1).

Sahid menjelaskan, proses seleksi berkas administrasi ditonton oleh tiga pejabat Biro Hukum dan Organisasi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan 13 anggota Panitia Pemilihan Rektor (PPR UNS).

Setelah melewati seleksi administrasi, ia menambahkan, proses seia menambahkan yaitu tahap penyaringan. Dalam tahap tersebut ada dua agenda. Pertama, paparan visi dan misi semua calon rektor dalam sidang Senat tersingkap di Auditorium UNS pada 6 Februari 19 pukul 09.00 -12.00 WIB. Sidang senat terbuka tersebut dapat dihadiri oleh seluruh unsur civitas akademika UNS, mulai dari perwakilan mahasiswa, perwakilan dosen, dan alumni.

“Dalam sidang senat terbuka dimulai sesi tanya-jawab. Setiap peserta diberi batas satu pertanyaan 2 menit dan jawaban dari akan calon maksimal 5 menit,” terangnya.

Setelah para akan calon rektor menyampaikam visi-misi, kegiatan seia menambahkan dilangsungkan sidang senat tertutup pada pukul 13.00 WIB. Sidang senat tertutup melulu dapat dihadiri seluruh anggota senat yang mempunyai hak suara yaitu 132 anggota, serta dari perwakilan Kemenristek Dikti. Namun, perwakilan Kemenristek Dikti tidak mempunyai hak suara.

“Pada sidang senat tertutup nanti kami bakal memilih tiga dari lima. Kalau lima statusnya akan calon maka kami pilih menjadi tiga calon. Kami hatapkan mempunyai tiga calon rektor pada 6 Februari 2019,” imbuhnya.

Setelah terpilih tiga calon rektor, akan diselenggarakan kembali Sidang Senat Tertutup bareng Menteri Ristek Dikti pada 13-30 Maret 2019 guna menilai Rektor UNS 2019-2023. Dalam sidang senat tertutup tersebut, suara anggota senat sejumlah 65 persen dan suara Menteri Riset Dikti sebesar 35 persen.

Warta Terbaru

To Top