Nasional

Mengapa Lion dan Citilink Kenakan Tarif Bagasi?

Mengapa Lion dan Citilink Kenakan Tarif Bagasi?

Sumedang Media,  Oleh: Mursalin Yasland, Adinda Pryanka

JAKARTA — Langkah maskapai berbiaya irit (LCC) Lion Air mengenakan tarif bagasi dibuntuti maskapai lain. Citilink Indonesia menyatakan akan menghapus layanan bagasi cuma-cuma tercatat.

Pejabat Sementara Vice President Sales & Distribution PT Citilink Indonesia Amalia Yaksa mengatakan, pengenaan tarif bagasi melulu akan diberlakukan guna penerbangan domestik. Sementara, penumpang rute internasional bakal tetap menemukan layanan bagasi cuma-cuma hingga 10 kilogram.

“Begitu pula penumpang yang sudah menjadi anggota Supergreen atau Garudamiles bakal tetap menemukan 10 kilogram cuma-cuma dengan pembelian di ” ungkap Amalia, Kamis (10/1).

Meski begitu, Amalia tidak melafalkan kapan pengenaan tarif bagasi tersebut mulai diberlakukan. Saat ini manajemen Citilink Indonesia sedang mengerjakan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan, baik eksternal maupun internal sekaligus mengerjakan persiapan. Citilink, kata dia, pun sedang mengerjakan sosialisasi untuk masyarakat.

Amalia bercita-cita ketentuan teranyar bersangkutan bagasi dapat berlangsung dengan baik. Dengan demikian, maskapai dapat mengawal kualitas pelayanan penerbangan dengan mengedepankan hal keselamatan dan keamanan untuk seluruh penumpang.

“Ketentuan tersebut juga diinginkan dapat mengawal iklim industri penerbangan nasional yang positif dengan kompetisi yang sehat” ungkap dia.

Berdasarkan keterangan dari Amalia, pengenaan tarif bagasi adalahpenyesuaian atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi. Amalia menambahkan, cocok Pasal 3 dalam permen tersebut, Citilink Indonesia tergolong dalam kelompok maskapai dengan pelayanan (pelayanan dengan standar minimum).

Sesuai dengan kumpulan pelayanan yang tercantum pada Pasal 22, terutama butir c, ditetapkan bahwa maskapai bisa mengenakan ongkos untuk pengangkutan bagasi tercatat.

Sebelumnya, Lion Air (kode penerbangan JT) dan Wings Air (kode penerbangan IW), maskapai anggota Lion Air Group, bakal memberlakukan kepandaian tarif bagasi dan barang bawaan guna penerbangan domestik. Corporate Communications Strategic Danang Mandala Prihantoro menyatakan urusan tersebut dalam penjelasan tertulis di Jakarta, Sabtu (5/1).

Danang mengatakan, Lion Air dan Wings Air akan bukan lagi memberlakukan barang bawaan dan bagasi tercatat secara cuma-cuma atau gratis ( efektif per 8 Januari 2019 sebatas waktu yang tidak ditentukan. “Sebagai informasi, bila penumpang yang sudah melakukan pembelian tiket sebelum 8 Januari 2019 tetap mendapat bagasi gratis 20 kg guna Lion Air dan 10 kg guna Wings Air,” tulis Danang dalam keterangannya.

Ketentuan barang bawaan dan bagasi sebagai berikut:

– Seluruh penerbangan dalam negeri Lion Air tidak diberlakukan bagasi gratis 20 kg per penumpang.

– Seluruh penerbangan dalam negeri Wings Air tidak diberlakukan bagasi gratis 10 kg per penumpang.

Setiap calon penumpang (kecuali bayi), diizinkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang individu (personal item) laksana tas laptop, perangkat bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing perempuan (hand luggage). Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin merupakan 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Penerbangan Lion Air Group pun memberlakukan bahwa sejumlah barang yang diikat atau dibalut jadi satu tidak akan dirasakan sebagai satu buah bagasi kabin. Calon penumpang Lion Air dan Wings Air yang akan membawa bagasi dapat mengerjakan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melewati agen perjalanan (tour and travel), website resmi Lion Air dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Penerbangan Lion Air dan Wings Air menawarkan kapasitas bagasi tambahan atau keunggulan atas bagasi yang diputuskan (excess baggage ticket). Hal ini sebagai unsur upaya menolong setiap pelanggan dalam meminimalisasi ongkos tambahan yang relatif tinggi sebab kelebihan bagasi.

Sehubungan dengan pre-paid baggage, masing-masing calon penumpang dapat melakukan pembelian dengan harga tercapai dan lebih irit bersamaan pembelian tiket (issued ticket) atau setelah pembelian tiket dengan batas masa-masa enam jam sebelum keberangkatan. Setiap pelanggan yang membawa barang bawaan atau bagasi lebih dari peraturan bagasi perorangan yakni 7 kg bakal dikenakan ongkos kelebihan bagasi cocok tarif yang berlaku pada hari keberangkatan.

Warta Terbaru

To Top