Nasional

Sandiaga Bagikan Kiat Jadi Pengusaha Milenial Sukses

Sandiaga Bagikan Kiat Jadi Pengusaha Milenial Sukses

Sumedang Media, YOGYAKARTA — Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Sandiaga Salahuddin Uno membagikan kiat kepada generasi milenial yang ingin menjadi pengusaha yang sukses. Sandiaga membagikan kiat itu lantaran Indonesia masih kekurangan pengusaha meski ekonomi terus tumbuh. 

Kiat pertama, seorang pengusaha milenial yang sukses harus selalu berinovasi. Dalam era dengan teknologi selalu berkembang, jika tidak mengikutinya maka akan ketinggalan dengan teknologi itu sendiri. 

“Banyak dulu yang disebut sebagai ATM, amati, tiru dan modifikasi. Sekarang sudah berubah total karena sudah ada teknologi baru dan digital. Kita tidak bisa melakukan hal yang sama terus-menerus” ungkap Sandiaga di Gedung Ar-Rahmah, Kompleks Majid Al-Furqon, Yogyakarta, Jumat (16/11).

Kedua, harus berani mengambil risiko. Awalnya, ia menerangkan, pengusaha milenial yang sukses akan menemukan berbagai kesulitan dan kondisi ‘jatuh bangun’. 

Namun, ia melanjutkan, hal itu jangan dijadikan sebagai alasan untuk menyerah. Sebab, dalam dunia kewirausahaan, seorang pengusaha harus berani mengambil resiko. 

“Suatu momen di mana mengambil sebuah keputusan dan keputusan itu bisa diambil untuk kesuksesan dikemudian hari. Sangat susah kalau enggak mau ambil risiko,” kata dia.

Ketiga, harus proaktif. Ia mengatakan seorang pengusaha milenial yang sukses harus aktif dalam membangun jaringan. 

“Orang sukses itu punya satu kesamaan yaitu punya teman yang banyak. Seribu teman kurang, satu musuh kebanyakan,” ucapnya.  

Ia berharap dengan perkembangan teknologi saat ini, dapat dimanfaatkan generasi milenial untuk berwirausaha. 

Republika

Warta Terbaru

To Top