Nasional

UI akan Batasi Kendaraan Berbahan Bakar Fosil

UI akan Batasi Kendaraan Berbahan Bakar Fosil

Sumedang Media, DEPOK — Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Muhammad Anis menyatakan akan melakukan pembatasan kendaraan berbahan bakar fosil yang memasuki kawasan lingkungan kampus UI. “Nantinya kami akan menyiapkan bus berbahan bakar listrik, bisa juga gas” ungkap Anis disaat ditemui disela-sela acara Tanam Pohon dan Fun Bike yang digelar Astra Financial di lingkungan Kampus UI Depok, Sabtu (10/11).

Menurut dia, rencana itu memang tak bisa dibuat singkat, tahapan-tahapan persiapan itu harus jadi terlebih dahulu, seperti bus listrik atau tempat parkir yang disiapkan terlebih dahulu. “Bisa saja nantinya disiapkan lahan parkir yang luas di sekitar restorang Mang Engking atau sisi utara kampus tersebut,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, UI sudah menyediakan jalur sepeda yang bisa digunakan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Penataan jalur pejalan kaki juga sudah dilakukan.

“Ini sudah dilakukan waktu Rektor Pak Gumilar dahulu,” ungkapnya.

Kebijakan tersbut, kata dia, juga sebagai penerapan Greenmetric, yaitu bagaimana melakukan penghematan energi dan menciptakan banyak oksigen. Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat ke-23 sebagai kampus terhijau dunia versi UI GreenMetric World University Rankings 2017, atau mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya (2016) yang berada pada peringkat ke-31 dunia.

“UI melalui UI Greenmetric konsisten mempertahankan kepeloporannya dalam pemeringkatan sustainabilitas perguruan tinggi melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh universitas di dunia” ungkap Anis.

Dia mengatakan UI berbangga hati dapat mengambil peran dalam mendukung pencapaian pengembangan infrastruktur kampus hijau di dunia sebagai upaya mencetak generasi yang peduli akan keberlanjutan lingkungan hidup. Diharapkan melalui perangkingan UI Greenmetric ini, perguruan tinggi se-dunia mampu mengambil bagian pada upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim.

UI terus berupaya untuk membangun generasi yang ramah lingkungan serta menjadi trendsetter dalam pemeringkatan di bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup di tingkat dunia. Secara nasional UI menduduki peringkat pertama sebagai kampus terhijau dunia. Sedangkan pada peringkat kedua ialah Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berada pada peringkat ketiga.

UI Greenmetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Republika

Warta Terbaru

To Top