Nasional

Republika Gelar Pelatihan Jurnalistik Online Hari Ini

Republika Gelar Pelatihan Jurnalistik Online Hari Ini

REPUBLIKA.CO.ID  JAKARTA — Portal berita Sumedang Media kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Online untuk Milenial dan umum, Sabtu (10/11) ini. Materi pelatihan ini seputar dasar-dasar jurnalistik online mulai dari menulis, fotografi, hingga videografi.

Para Pendamping Hidup Rasulullah Asal Muasal Perayaan Maulid Nabi Fakta Angka Jelang Laga Panas

Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Online, M Ichsan Emrald, mengatakan pelatihan berlangsung selama sehari penuh, dari pagi hingga menjelang Magrib. Para pemateri, kata Ichsan, berasal dari wartawan/redaktur senior Republika koran dan Sumedang Media baik untuk materi penulisan, foto, dan video.

“Delapan puluh persen materi lebih ke teknis dan praktik” ungkap Ichsan, yang juga redaktur di Republika.co.id.

Target pelatihan ini, papar Ichsan, para peserta yang terdiri dari 68 orang ini bisa memahami dan menulis berita dasar. Juga, mengetahui dasar-dasar fotografi dan video hingga mampu mempraktikkannya sesuai standar jurnalistik.

Para peserta juga diharapkan mampu memilah dan membedakan mana informasi-informasi yang akurat dan tidak akurat. Informasi-informasi yang tergolong hoaks atau berita palsu maupun informasi-informasi yang memang memiliki narasumber dan fakta yang jelas.

Peserta yang hadir pada pelatihan kali ini, jelas Ichsan, berasal dari pelajar, mahasiswa, dan aktivis LSM (lembaga swadaya masyarakat). “Ada yang datang dari luar Jawa juga,” tegas dia.

Sumedang Media rutin menggelar pelatihan jurnalistik online dan multiplatform yang ditujukan kepada berbagai kalangan. Ada pelatihan jurnalistik khusus generasi milenial, ada yang khusus pegawai-pegawai pemerintahan dan perusahaan swasta, hingga pelatihan jurnalistik untuk pengajar, guru, ustaz, dan dosen-dosen.

Sumedang Media mengadakan pelatihan mengelola media online/website untuk perusahaan, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, hingga webiste-website komunitas. Semua materi pelatihan ini digabungkan dengan pemahamam media sosial.

Republika

Warta Terbaru

To Top