Nasional

Wisata Hutan Bambu Bekasi Bangkitkan Ekonomi Warga

Wisata Hutan Bambu Bekasi Bangkitkan Ekonomi Warga

Sumedang Media, BEKASI — Destinasi wisata Hutan Bambu di Kampung Bekasi Jati, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai membangkitkan ekonomi warga sekitar. Objek wisata bantaran Kali Bekasi ini ramai pada empat hari terakhir sejak diresmikan pemerintah setempat.

“Awalnya cuma saya yang membuat saung untuk berdangan makanan dan minuman dingin di di Hutan Bambu ini sejak 2016. Namun, sejak dijadikan kawasan wisata oleh pemerintah, mulai banyak konsumen dari kalangan wisatawan yang belanja di sini” ungkap Warga RW26 Kampung Bekasi Jati, Susanto (36), di Bekasi, Kamis (8/11).

Ia pun menerangkan objek wisata yang berjarak tempuh sekitar 15 menit dari Gerbang Tol Bekasi Barat itu mulai mendatangkan wisatawan lokal pascaviral di media sosial. Potensi ekonomi dari kehadiran wisatawan itu ditangkap warga sekitar dengan membuka lapak dagangan berupa kue basah, makanan ringan dan berat, minuman hingga bibit tanaman.

“Saya dan istri berjualan minuman hangat dan dingin. Lumayan (pendapatannya) untuk jajan anak,” ucapnya.

Lapak itu berada di dekat gerbang utama Hutan Bambu berupa saung sepanjang 300 meter yang disekat menjadi tujuh lokal. Pedagang yang mayoritasnya ibu rumah tangga itu menawarkan jajanan berupa kopi, gorengan hingga makanan berat kepada setiap wisatawan yang datang.

Bahkan, Susanto saat ditemui tengah mempersiapkan potongan bambu untuk perluasan tempat usahanya itu. “Saya mau perluas lagi lapaknya supaya dagangan juga lebih bervariasi,” ucapnya.

photo

Pengunjung beraktivitas di areal Wisata Konservasi Hutan Bambu di bantaran Kali Bekasi, Margahayu, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/11/2018). (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Republika

Warta Terbaru

To Top