Nasional

Akhirnya, Sidang Kasus Setya Novanto Bakal Digelar Terbuka

Sumedang.info – Akhirnya sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dalam kasus pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia dengan terlapor Ketua DPR RI, Setya Novanto bakal digelar secara terbuka.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Wakil Ketua MKD, Junimart Girsang usai menggelar rapat pleno tertutup di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

“Perkara ini akan disidangkan secara terbuka,” kata Junimart seusai rapat seperti dilansir oleh kompas.

Namun, pada prakteknya nanti sidang juga bisa digelar secara tertutup tergantung dengan permintaan saksi yang hadir.

“Kalau nanti ada sesuatu hal yang sangat rahasia, yang tidak boleh dibuka, maka kita akan gelar sidang secara tertutup,” ucap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini.

Aturan itu, lanjut dia, berlaku bagi semua saksi yang hadir, termasuk Novanto sebagai terlapor. Namun, dia menegaskan, saksi tidak bisa meminta agar semua hal disampaikan secara tertutup.

“Tidak bisa semuanya, hanya beberapa hal saja,” ujarnya.

Rencananya, MKD akan menggelar rapat pleno kembali pada Senin (30/11/2015). Dalam rapat tersebut, MKD akan menyusun jadwal sidang, termasuk siapa saja pihak-pihak yang akan dipanggil untuk digali keterangannya.

Rapat baru bisa dilakukan hari Senin karena MKD memiliki batasan memulai sidang tujuh hari setelah proses verifikasi selesai dilakukan.

Warta Terbaru

To Top