Nasional

Soal Kesehatan, Wapres JK: Kita Manusia Biasa, Bukan Iron Man

Sumedang.info – Wakil presiden Jusuf Kalla telah mendampingi Presiden Jokowi selama satu tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla tercatat telah 2 kali diperiksa terkait kondisi kesehatannya.

Dilansir dalam acara wawancara khusus ‘Setahun Jokowi-JK’ bersama Liputan 6 SCTV, JK menjelaskan bahwa dirinya bukanlah pahlawan super seperti Iron Man yang kebal dari segala sakit-penyakit.

“Kalau gangguan kesehatan, kita manusia biasa, bukan Iron Man. Pasang ring biasa saja. Ya alhamdulillah semua jalan baik, jalan normal saja,” ujar JK di Rumah Dinas Wakil Presiden, Jakarta, Minggu (18/10/2015).

Saat JK pertama kali diperiksa kesehatannya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada Rabu 9 September lalu. Kala itu, mantan Ketua Umum Golkar harus dipasangi sebuah ring di bagian jantung. Pemeriksaan kesehatan kedua dilakukan setelah JK menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat.

“Kebetulan ke Amerika untuk ikut Sidang PBB. Setelahnya ya check up di Mayo Clinic. Ya tentu kita tak bisa memerintah tanpa fisik yang baik,” tambah JK.

Di Mayo Clinic berlokasi di kota Rochester, Minnesota yang menjadi tempat langganan JK berobat. Rumah sakit itu dinobatkan sebagai rumah sakit terbaik di Amerika tahun 2014 versi US News & World Report. Pada masa kampanye, JK juga sempat menjalani pemeriksaan di sana.

Kakek berusia 73 tahun dan memiliki 10 cucu ini menjelaskan, keluarganya kerapkali merasa khawatir dengan kondisi fisiknya. Pekerjaan sebagai orang nomor 2 di Indonesia membuatnya susah mendapat waktu luang. Sang istri, Mufidah Kalla pun kerap menegur JK supaya mau meninggalkan pekerjaan untuk sekadar bermain dengan para cucunya.

“Itu biasa, pulang malam ya Ibu (Mufidah Kalla) pernah (tegur). Cucu saya tanya kenapa pulang malam terus. Sudah biasa ya, makanya waktu libur harus di rumahlah,” papar JK sembari tersenyum.

Warta Terbaru

To Top