Nasional

PLN Kembali Alirkan Listrik di Tiga Gili Usai Gempa

PLN Kembali Alirkan Listrik di Tiga Gili Usai Gempa

Sumedang Media, SURABAYA — Direktur Bisnis Perusahaan Listrik Negara (PLN) Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Djoko R Abumanan memastikan pasokan listrik untuk Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan sudah kembali menyala usai gempa besar di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Artinya warga, pengusaha hotel, dan wisatawan yang masih bertahan di sana sudah dapat menikmati kembali listrik yang sebelumnya padam karena rusaknya jaringan dan infrastruktur listrik.

Djoko menjelaskan, kembali menyalanya listrik di tiga Gili ini setelah tim PLN secara bertahap memperbaiki gardu-gardu listrik di sana. Gardu yang sudah beroperasi normal di Gili Trawangan sebanyak 11 dari 81 gardu, Gili Meno 7 dari 15 gardu, dan Gili Air 26 dari 27 gardu. Total 44 dari 123 gardu distribusi sudah beroperasi normal.

“Kami fokus memperbaiki dan mengamankan infrastruktur kelistrikan di sana agar aktivitas masyarakat dapat terbantu. PLN sudah berhasil menyalakan listrik di tiga Gili setelah tiga hari bekerja keras,” kata Djoko dalam siaran persnya, Ahad (12/8).

Djoko mengaku, sebenarnya saat peristiwa gempa pertama, listrik di tiga Gili dapat dialirkan dengan cepat. Namun gempa susulan, pada Kamis (8/8), kembali memporak-porandakan kelistrikan di  tiga Gili tersebut. Sehingga tim PLN yang sedang bekerja di sana dievakuasi ke tempat aman.

Sehari setelah gempa susulan, lanjut Djoko, para petugas kembali dikerahkan untuk mengamankan dan memperbaiki jaringan listrik. Mulai dari Jaringan Tegangan Menengah (JTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Sambungan Rumah (SR), hingga kWh meter pelanggan.

photo

PLN memperbaiki infrastruktur kelistrikan yang sempat terganggu pascagempa di Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Sabtu (11/8).

Republika

Warta Terbaru

To Top