Nasional

Dokter Periksa Kesehatan Capres Sesuai Standar

Sumedang Media, Jakarta – Ketua tim pemeriksa kesehatan RSPAD, dr. Astroniyas Bakti Awusi mengatakan pihaknya telah memiliki buku panduan untuk melakukan tes kesehatan terhadap bakal calon presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

"Ada standar pemeriksaan, biasanya ditanyakan upaya medis secara keseluruhan, tes kejiwaan, penyakit dalam pembuluh darah jantung bedah radiologi, ortopedi, THT dan lain-lain. Intinya, meliputi semua disiplin ilmu yang ada di ilmu kedokteran," kata Bakti di RSPAD, Minggu (12/8/2018).

Sementara Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumairi mengatakan tim dokter hanya bertugas melakukan penilaian terhadap jasmani dan rohani pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden.

"Jadi, prinsipnya apa yang disampaikan ketua tadi kita ditugaskan penilaian jasmani dan rohani. Semua hasil pemeriksaan itu ialah rekam medik. Hasil ini ialah hak bakal calon, tapi ini juga akan kita laporkan ke KPU," ungkapnya.

Disamping itu, Wakil Ketua Umum IDI Daeng M Faqih mengatakan pemeriksaan di kedokteran terdapat dua sifat yaitu pengobatan dan penilaian.

"Disini tidak untuk pengobatan tapi penilaian, apakah bakal calon punya penyakit yang menggangu fisiknya. Jika ada potensi penyakit yang mengganggu, maka akan kita rawat kalau itu perlu dan memungkinkan. Misalnya, seperti gangguan pendengaran jika bisa diobati dengan jangka waktu beberapa hari, maka kita akan lakukan," jelas dia.[ris]

Inilah

Warta Terbaru

To Top