Nasional

Koalisi Belum Tentukan Posisi Cak Imin di Tim Jokowi-Ma’ruf

Koalisi Belum Tentukan Posisi Cak Imin di Tim Jokowi-Ma'ruf

Sumedang Media, JAKARTA — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan koalisi belum menentukan posisi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam struktur tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf. PKB pun belum mengusulkan nama-nama untuk masuk dalam tim pemenangan itu.

“Kita belum tahu (peran Cak Imin),” kata Sekjen PKB Abdul Kadir Karding kepada , Ahad (12/8).

Karena itu, ia mengatakan, PKB berencana mengonsultasikan hal itu pada Joko Widodo (Jokowi) selaku calon presiden (capres) dari partai koalisi. Sebab, ia menyatakan semua orang harus ditempatkan sesuai kemampuan dan keinginan Jokowi.

“Nanti malam atau besok akan kita konsultasikan pada Pak Jokowi, semua ditempatkan sesuai keinginan Pak Jokowi serta sesuai kemampuan,” ujar dia.

Abdul Kadir mengaku selama ini PKB belum mengusulkan atau merekomendasikan nama yang pas menduduki posisi strategis di tim pemenangan kampanye Jokowi-KH Ma’ruf. Kendati demikian, ia mengatakan PKB selalu siap ditempatkan pada posisi apapun dalam struktur tim.

“(Usulan PKB) belum ada. Kita ikut saja putusan, apa pun, ditempatkan di manapun, kita siap bekerja,” kata dia.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menerangkan belum ada pembahasan dan penunjukkan soal ketua tim kampanye Jokowi-Ma’ruf. “Tim kampanye nasional belum ada, belum ada penugasan secara langsung atau pembahasan secara langsung. Ini kan masih dibicarakan secara internal di tim koalisi yang ada di Koalisi Indonesia kerja” ungkap politikus PDIP tersebut.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan ketua tim pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf merupakan tokoh nasional yang menonjol. “Ketua tim nasional pemenangan Pilpres 2019 merupakan tokoh nasional yang menonjol yang secara efektif bekerja dan arah politiknya nasional” ungkap Johnny saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Kendati demikian, Johnny tidak mau membeberkan nama tokoh yang akan menjadi ketua tim pemenangan tersebut. Beberapa nama tokoh nasional santer terdengar akan menjadi ketua tim pemenangan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam kontestasi politik di Pilpres 2019, seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Ketika ditanyakan mengenai kedua nama tersebut, Johnny menilai keduanya merupakan tokoh nasional yang menonjol dan layak untuk posisi tersebut. Jusuf Kalla, menurut Johnny akan menjadi kekuatan tersendiri jika mau menerima tawaran menjadi ketua tim pemenangan.

“Namun, akan menjadi pertimbangan sendiri juga karena beliau ialah wakil presiden dan harus cuti, sementara pemerintahan harus tetap berjalan,” ucapnya.

Yang jelas, kata Johnny, tim pemenangan itu sangat besar. Terdiri atas berbagai bidang dengan skala nasional mulai dari sekretaris, bendahara dan bagian lainnya yang dibagi dalam 10 direktorat.

“Jadi, kita tunggu saja pengumumannya. Yang pasti, saat ini tim inti di mana dewan pengarah dari semua ketua umum partai dan bagian command and control yang diisi para sekjen sudah terbentuk, sementara tim lengkapnya akan dibentuk Senin depan,” ujar dia.n Umi Nur Fadhilah

Republika

Warta Terbaru

To Top