Nasional

Wali Kota Diminta Antisipasi Revolusi Industri 4.0

Wali Kota Diminta Antisipasi Revolusi Industri 4.0

Sumedang Media, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada Wali Kota untuk mengantisipasi terhadap perubahan-perubahan cepat dunia yang saat ini sudah melanda semua negara.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat mengumpulkan Wali Kota se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin (23/7/2018).

"Antisipasi juga terhadap perubahan-perubahan cepat dunia yang saat ini sudah melanda semua negara," kata Jokowi.

Menurut dia, revolusi industri 4.0 yang perubahannya sudah diprediksi dan menurut McKinsey Global Institute disampaikan bahwa perubahan revolusi industri keempat ini 3000 kali lebih cepat dari revolusi industri yang pertama.

"Kita harus sadar betul bahwa akan terjadi perubahan besar yang sangat cepat sekali," ungkapnya.

Untuk itu, Jokowi mengatakan perlunya mengantisipasi dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) secara baik dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat atau revolusi industri 4.0 tersebut.

"Saya kira kita tahu semuanya artificial intelligence, big data kemudian penemuan-penemuan yang berkaitan hyperspace, tesla. Kalau ini kita menyadari kita akan sadar betul apa sih yang harus kita siapkan," jelas dia.

Jokowi mengatakan selama empat tahun ini memang pemerintah konsentrasi dan fokua kepada infrastruktur, namun tahap berikutnya ialah persiapan SDM.

"Kalau kita lihat sekarang ini kemiskinan misalnya, angka yang saya dapatkan memang kota lebih baik dari desa. Kemudian juga kita lihat memang kota ini akan lebih siap dalam menghadapi perubahan itu," ucapnya.

Akan tetapi, kata Jokowi, apabila semua kepala daerah tidak mengantisipasi terutama yang berkaitan dengan perubahan-perubahan maka akan sangat berbahaya sekali bagi negara.

"Juga bagi kota-kota di negara kita," tandasnya. [rok]

Inilah

Warta Terbaru

To Top