Mozaik

Tiga Sayuran Permintaan Musa dalam Alquran dan Khasiatnya

Tiga Sayuran Permintaan Musa dalam Alquran dan Khasiatnya

Sumedang Media,  Allah SWT menciptakan segala sesuatu tentu dengan beragam manfaat yang terkandung di dalamnya, sekalipun manusia tidak mengetahuinya. Di antara mukjizat Alquran adalah, informasi yang diberikan terkait segala benda sudah pasti memiliki khasiat dan rahasia tersendiri.

Termasuk sayuran.  Ada tiga sayuran yang disebutkan dalam Alquran secara bersamaan pada ayat ke-61 surah Albaqarah. Ini sebagaimana redaksi ayat yang berbunyi demikian:

”Dan (ingatlah), disaat kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar ia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya”. 

Temuan dari ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa ketiga jenis sayuran ini ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang utama bagi kesehatan. Uniknya lagi, ketiga sayuran itu merupakan permintaan dari Bani Israel kepada Musa AS. Berikut ini ketiga sayuran yang dimaksudkan ayat itu di atas:    

Mentimun

Rasulullah SAW seperti yang dikisahkan dari hadis riwayat Bukhari, gemar mengonsumsi timun dan kurma basah. Dan ternyata mentimun ialah jenis sayuran yang istimewa. Banyak kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh di dalamnya.

Mentimun rendah lemak jenuh, kolestrol, dan sodium. Mentimun juga sumber vitamain A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium. Mentimun ini juga tinggi kalium, karbohidrat, vitamin C dan K.

Sebuah penilitian mengungkapkan setidaknya ada 30 khasiat mentimun bagi kesehatan. Tiap bagian dari sayuran ini mengandung khasiatnya sendiri, mulai dari kulit, daging, bahkan bijinya. Seperti pencegah gangguan jantung, membantu pencernaan, dan mengatasi batu ginjal.

Bawang Merah

Bawang merah ialah jenis sayuran favorit dalam dunia kuliner sepanjang sejarah peradaban. Sayuran ini mengandung hormon auksin dan giberlin sebagai pengatur tubuh alami. Sayuran ini juga memiliki kandungan gizi berupa vitamin C, kalium, serat, dan asam folat.

photo

Bawang Merah

Republika

Warta Terbaru

To Top