Lifestyle

Mbok Cikrak, Sosok Pahlawan Perempuan Para TKW

Sumedang Media, Jakarta-Nama Mbok Cikrak sudah tak asing di kalangan tenaga Kerja Wanita (TKW). Ibu dua anak ini pernah bekerja di Taiwan sebagai TKW. Kini ia kerap membantu para TKW di Taiwan.

Seperti diketahui, tidak sedikit TKW yang acap kali menjadi sasaran agen yang tidak bertanggung jawab saat hendak kembali ke Tanah Air. Dalam beberapa kasus, Mbok Cikrak kerap menemui sesama orang Indonesia terlantar begitu saja di bandara. Rata-rata di antara mereka tak tahu apa yang dilakukan, yang lainnya bahkan tertipu dengan tiket kepulangan.

Selama ini, Mbok Cikrak memanfaatkan media sosial dalam membantu dan melayani pertanyaan para TKW tentang berbagai saran bekerja di luar negeri. Ia memanfaatkan media sosial Bigo. Uniknya lagi, Mbok Cikrak mendulang rupiah belasan juta per bulan dari platform Bigo yang ia gunakan.

"Pintar-pintar memanfaatkan teknologi. Kalau ada masalah jangan langsung kabur. Karena kalau kabur gitu saja kita akan susah dapat kerja lagi," ucapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (16/5/2018).

Mbok Cikrak bercerita, ketulusannya dalam membantu para TKW di Taiwan sering disalah artikan. ia bahkan pernah dipanggil dengan sebutan calo bandara karena keaktifannya mengurus para pekerja. Namun ia enggan menanggapi hal itu dan tetap membantu dengan ikhlas. Secara aktif Mbok menerangkan mengenai apa yang diperbolehkan dan dilarang sebelum pulang ke Indonesia.

"Yang enggak boleh itu kayak senter, pulang ke Indonesia kadang-kadang teman-teman bawa senter, raket listrik, kipas angin. Soalnya barang-barang itu di pasar malem sini kan murah banget. Jadi mereka bawa buat di kampung. Ternyata enggak boleh dibawa pulang harus di kargoin,"  demikian Mbok Cikrak. [adc]

Inilah

Warta Terbaru

To Top