Internasional

Presiden Lebanon Sambut Rencana Kepulangan Hariri

Sumedang Media, Beirut – Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan bahwa dirinya gembira mendengar mantan PM Lebanon Saad Hariri akan secepatnya kembali ke Beirut dari Arab Saudi.

Hariri mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan perdana menteri Lebanon dalam pidato yang disiarkan di televisi lebih dari sepekan lalu dari Riyadh. Hingga saat ini, ia masih berada di ibu kota Arab Saudi itu yang kemudian memicu desas-desus bahwa ia dijadikan tahanan rumah secara de facto.

Namun, dalam wawancara TV yang disiarkan pada Minggu malam (12/11/2017), Hariri menyatakan bahwa ia akan pulang dalam beberapa hari ke depan –menjadi sebuah kabar yang disambut baik oleh Presiden Aoun.

"Saya senang dengan pengumuman Perdana Menteri Hariri bahwa ia akan secepatnya pulang ke Lebanon," cuit Aoun di Twitter, Senin (13/11/2017).

"Saya menantikan kepulangan ini untuk membahas masalah pengunduran diri dengan perdana menteri, alasan di balik itu dan situasi, isu dan masalah yang perlu diatasi," imbuhnya dalam pernyataan melalui surat elektronik, sebagaimana dilaporkan AFP, Selasa (14/11/2017).

Sebelumnya, Aoun mengatakan pada Minggu bahwa gerakan Hariri tampaknya dibatasi dan meminta agar Riyadh menjelaskan mengapa ia belum kembali ke Beirut.

Dalam wawancara pada Minggu dengan stasiun TV partainya, Future TV, Hariri mengatakan ia bebas bepergian dan akan kembali ke Lebanon dalam dua atau tiga hari ke depan.

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top