Internasional

Polusi Asap Ancam Seluruh Asia

Polusi Asap Ancam Seluruh Asia

Sumedang Media, BANGKOK – Tingkat ketebalan kabut asap yang diperparah oleh cuaca menakut-nakuti negara-negara di area Asia. Thailand menjadi di antara negara Asia yang terkena akibat kabut asap tersebut.

Bahkan pemerintah Thailand menyalurkan masker wajah dan bersiap-siap guna menurunkan hujan produksi untuk mencuci udara dari polutan. Sebab sudah sejumlah hari terakhir kualitas udara di Thailand terkontaminasi oleh debu konstruksi, asap knalpot, dan polusi lainnya.

“Saya akui ini merupakan solusi sedangkan tetapi kami mesti melakukannya. Langkah-langkah jangka panjang lainnya pun akan diterapkan,” kata Jenderal Polisi Aswin Kwanmuang, laksana dikutip dari , Senin (14/1)

Beberapa tahapan yang telah dilaksanakan pemerintah setempat diantaranya menyalurkan 10 ribu masker wajah, dan menolong menyemprotkan air untuk mencuci debu. Departemen Pengendalian Pencemaran Thailand menuliskan bahwa partikel debu tersebut dapat riskan menyumbat paru-paru, yang diakibatkan oleh emisi mesin diesel.

Selain tersebut departemen penerbangan setempat menuliskan sedang bersiap guna mengerahkan dua pesawat guna penyemaian awan antara Selasa dan Jumat. Mereka memandang masalah polusi udara Thailand cenderung meningkat dan berkurang bergantung pada musim.

Seperti di mayoritas wilayah Asia lainnya, pembakaran ladang sesudah panen dapat mengakibatkan kabut asap yang parah pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

“Ketika saya keluar, saya sakit tenggorokan dan saya tidak dapat melihat dengan jelas saya cemas udara yang ternoda masuk ke paru-paru saya sampai-sampai saya mesti mengayomi diri saya sendiri,” ujar seorang ibu lokasi tinggal tangga yang bermukim di luar Bangkok Oranart Phongpreecha (55 tahun).

Sementara tersebut Kepala Departemen Pengendalian Pencemaran Thailand, Pralong Dumrongthai, menuliskan solusi jangka panjang dari permasalahan tersebut yaitu berpindah ke pemakaian kendaraan listrik dan bensin berbobot | berbobot | berkualitas lebih baik. ia menuliskan pola cuaca mengindikasikan bahwa Bangkok barangkali terjebak dengan udara buruk sampai tiga bulan.

“Saya meminta pemahaman publik disaat kendaraan kamu diperiksa, khususnya yang menerbitkan asap hitam atau truk besar, kami memerlukan kerja sama Anda,” ucapnya.

Persoalan polusi pun terjadi di India. Pemerintah India telah memberitahukan program lima tahun untuk meminimalisir polusi udara sampai 30 persen dari level 2017 di 102 kota yang terkena akibat terjelek di negara itu.

Sasaran utama termasuk meminimalisir pembakaran limbah lapangan, kayu bakar dan arang, mencuci tenaga panas dan emisi mobil dan sangat mengotori produksi batu bata dan mengendalikan debu dari konstruksi.

Warta Terbaru

To Top