Internasional

Jadi Blogger di YouTube, Bocah 7 Tahun Ini Raup Rp 298 Miliar

Jadi Blogger di YouTube, Bocah 7 Tahun Ini Raup Rp 298 Miliar

Beberapa hal begitu menonjol disaat Anda melihat blogger video di YouTube atau ‘YouTuber’ teratas tahun ini.

1. Daftar ini didominasi oleh pria muda

2. Gamer masih berkuasa

3. YouTuber nomor satu baru berusia tujuh tahun

Mari berkenalan dengan Ryan, anak sekolah dasar yang, menurut Forbes, menghasilkan $ 29,8 juta (atau setara Rp 298 miliar) karena mengulas atau memberi review mainan anak-anak di YouTube tahun ini.

Salurannya, Ryan ToysReview, resmi memiliki 17,3 juta pelanggan -jumlah yang tak terlalu banyak dibandingkan beberapa YouTuber teratas lainnya – tetapi sejak diluncurkan pada Maret 2015, saluran itu dilihat lebih dari 25 miliar kali.

Apa rahasia suksesnya?

Ketika Anda menonton video Ryan, mereka relatif sederhana.

 

Video miliknya menunjukkan Ryan bermain dengan dan bereaksi terhadap segala macam mainan, dari Play-Doh sampai ‘jumping castle’, seringkali ditemani oleh orang tuanya.

Tetapi banyak juga yang menunjukkan Ryan tengah “membuka kotak” mainan baru, sebuah tren yang telah terbukti sangat menguntungkan bagi para YouTuber lain juga.

“Aku ingin tahu apa yang ada di dalamnya,” seru Ryan, saat ia bermain dengan mainan Disney Cars dalam ulasan terbarunya.

Namun Ryan tidak hanya mengulas mainan, karirnya di YouTube memicu peluncuran lini produknya sendiri yang dijual di Walmart, termasuk slime, patung tokoh dan boneka binatang.

Kesepakatan itu dinegosiasikan oleh perusahaan media anak-anak, pocket.watch, yang telah mendapatkan kesepakatan lisensi untuk sejumlah bintang muda YouTube.

Siapa saja YouTuber berpenghasilan terbanyak sepanjang 2018?

Berikut daftarnya yang dirilis oleh Forbes:

2. Jake Paul

 

Jake Paul, YouTuber 21 tahun dari Los Angeles, menghasilkan $ 29,2 juta (atau setara Rp 292 milyar) tahun ini dengan membuat video lelucon, rap dan vlog tentang kesialannya.

Kakaknya, Logan, juga masuk daftar ini (tapi sedikit lebih di bawah).

3. Dude Perfect

 

Lima sekawan berada di belakang Dude Perfect, saluran YouTube yang didedikasikan untuk membuat video tipu muslihat yang mengesankan (dan benar-benar mustahil).

Tahun ini mereka menghasilkan $ 27,1 juta (atau setara Rp 271 milyar)

4. DanTDM

 

DanTDM, seorang pemain game atau gamer profesional dari Inggris, mencetak $ 25,1 juta (atau setara Rp 251 milyar) tahun ini dari mengulas video game.

Model bisnisnya sederhana: ia memainkan permainan dan bereaksi terhadap berbagai fitur serta tantangannya. Tapi ia juga dikenal karena menampilkan hewan peliharaannya.

5. Jeffree Star

 

Jeffree Star ialah penata make-up dan penyanyi yang mengulas berbagai merek kosmetik dan membuat tutorial tentang cara membuat penampilan tertentu.

Ia menghasilkan $ 24,4 juta (atau setara Rp 244 milyar) tahun ini.

6. Markiplier

 

YouTuber Markiplier melakukan segalanya: ulasan permainan, sketsa komedi, animasi, dan vlog.

Ia mencetak $ 23.7 juta (atau setara Rp 237 milyar) pada tahun 2018 dan juga memiliki lini pakaiannya sendiri dengan gamer lain dalam daftar ini, yakni Jacksepticeye.

7. Vanoss Gaming

 

Evan Fong ialah sosok internet di balik Vanoss Gaming, yang menghasilkan $ 23 juta (atau setara Rp 230 milyar) tahun ini.

Seperti saluran game lainnya, ia merekam dirinya sendiri bermain video games dan membuat komentar cerdas tentang permainan itu.

8. Jacksepticeye

 

Pemain game asal Irlandia, Jacksepticeye, dikenal karena bahasa * ahem *-nya yang penuh warna saat ia bermain dan mengulas video game.

Tapi itu tidak menghentikannya meraup $ 21,7 juta (atau setara Rp 217 milyar).

9. PewDiePie

 

YouTuber Swedia, PewDiePie, yang nama aslinya ialah Felix Kjellberg, dinobatkan sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia oleh majalah Time pada tahun 2016.

Ia terkenal karena konten video game anehnya, tetapi menarik beberapa kontroversi tahun lalu disaat beberapa videonya dianggap anti-Semit (Yahudi).

Ia masih terus mendatangkan uang besar, mencetak $ 21 juta (atau setara Rp 211 milyar) pada tahun ini.

10. Logan Paul

 

Logan Paul membuat video usil seperti adiknya Jake, dan menghasilkan $ 19,6 juta (atau setara Rp 196 milyar) pada 2018.

Tapi seperti PewDiePie, karier YouTube-nya belum tanpa kontroversi.

Awal tahun ini, ia mengunggah sebuah video yang menunjukkan ia dan teman-temannya bercanda di samping mayat seorang pria di suatu tempat yang disebut ‘hutan bunuh diri’ di Jepang.

Video permintaan maafnya tetap menjadi salah satu yang paling populer, menarik lebih dari 53 juta tampilan.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Warta Terbaru

To Top