Internasional

Tiga Bom Mobil Sasar Hotel Somalia, Ledakan Renggut 23 Nyawa

Tiga Bom Mobil Sasar Hotel Somalia, Ledakan Renggut 23 Nyawa

Sumedang Media, MOGADISHU — Sedikitnya 23 orang tewas dan beberapa orang cedera pada Jumat (9/11), dalam tiga pemboman mobil di ibu kota Somalia, kata beberapa pejabat gawat darurat.

Abdullahi Mohamed, seorang perwira polisi di Mogadishu, mengatakan kepada Kantor Berita bahwa tiga ledakan ditujukan ke Sahafi Hotel. Ledakan itu lalu diikuti oleh penembakan.

“Dua bom mobil bunuh diri ditujukan ke hotel itu, yang berada di dekat markas departemen penyelidikan. Beberapa menit kemudian satu bom lagi meledak” ungkap Mohamed.

Korban jiwa meliputi tentara, warga sipil dan pengusaha. Korban cedera secepatnya dibawa ke rumah sakit.

Ahmad Zakariya, seorang pekerja pertolongan, mengatakan jumlah korban jiwa mencapai 23, termasuk sembilan anggota Ash-Shabaab. Menurut kantor berita Somalia, enam penyerang tewas oleh pasukan keamanan, sementara tiga pembom bunuh diri meledakkan diri mereka.

Sahafi Hotel ialah hotel terkenal yang berada di jalan sibuk KM4 dan sering dikunjungi pejabat Pemerintah Somalia. Kelompok gerilyawan Ash-Shabaab, yang berpusat di Somalia, mengaku bertanggung-jawab atas serangan itu.

Organisasi Kerja Sama Islam (OIC) dengan keras mengutuk serangan tersebut, dan kembali menyampaikan sikap yang menentang “semua bentuk terorisme dan ekstremisme dengan kekerasan”.

Sekretaris Jenderal OIC Yousef Al-Othaimeen mengatakan OIC “memiliki solidaritas dengan Pemerintah Somalia dalam perangnya melawan terorisme”

Republika

Warta Terbaru

To Top