Internasional

200 Ribu Orang Dievakuasi Akibat Topan di Cina

Sumedang Media, BEIJING — Lebih dari 200 ribu orang di Provinsi Zhejiang, Cina, dievakuasi. Hal itu dilakukan menyusul terbentuknya topan di pantai timur provinsi itu pada Ahad (12/8).

Topan yang dinamakan Yagi itu dilaporkan mulai menapak daratan sekitar pukul 11.35 waktu setempat di Kabupaten Wenling. Topan itu membawa angin dengan kecepatan 102 kilometer per jam.

“Pada Ahad sore, 204.949 orang di 10 kota, termasuk Taizhou, Zhoushan, dan Wenzhou di provinsi itu (Zhejiang) telah dievakuasi dan 20.949 kapal nelayan serta 4.526 kapal lainnya telah kembali ke pelabuhan atau perairan aman” ungkap otoritas setempat, dikutip laman kantor berita .

Badai tropis yang kuat diperkirakan akan membawa angin kencang dan hujan deras ke sebagian besar provinsi. Namun, hal itu akan berangsur berkurang karena topan terus bergerak ke arah barat laut.

Ketika memasuki musim panas, topan memang kerap terbentuk di Cina. Namun jumlah korban jiwa atau luka semakin menyusut setiap tahunnya. Hal itu karena pemerintah terus memaksimalkan proses peringatan dini dan evakuasi dari zona bahaya potensial.

Republika

Warta Terbaru

To Top