Ekonomi & Bisnis

Kelar Teken HoA Freeport, Rini: What’s Next?

Sumedang Media, Serang – PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero/Inalum) dan Freeport-McMoran Inc (FCX) telah meneken Head of Agreement terkait divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

Penandatangannya dilakukan CEO Freeport McMoRan, Richard Adkerson dengan Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Benar juga, kesepakatan ini bikin heboh lantaran banyak kecurigaan. Salah satunya terkait soal pengelolaan. Benarkah pengelolaan bakal di tangan Indonesia atau masih dikuasai Freeport?

Menteri BUMN Rini Soemarno menegaskan, pengelolaan bakal dilakukan dengan skema join venture. Akan dibentuk perusahaan patungan antara Inalum dan Freeport Mcmoran. Hanya saja, Inalum menjadi pengendalinya.

"Freeport Indonesia itu kan sahamnya dimiliki 51% oleh Inalum Indonesia dan Freeport New York memiliki 49% jadi memang Freeport Indonesia yang akan melakukan pengelolaan karena kita yang mayoritas jadi partner kita," kata Rini di Desa Panenjoan, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (13/7/2018).

Kata Rini, proses akuisisi PTFI oleh pemerintah melalui Inalum, memang belum serta-merta tuntas. Masih ada sejumlah tahapan yang harus dilalui agar Indonesia menjadi pemilik mayoritas dari industri pengeduk emas di Papua.

ia berharap, proses penyusunan head of agreement, harus benar-benar dilakukan secara cermat oleh pemerintah Indonesia. "Jadi joint venture agreement itu menjadi sangat penting proses joint venture agreement nya yang harus benar," kata Rini.

Informasi saja, Inalum dan Freeport McMoran (FCX) selaku induk dari PTFI, sudah meneken Head of Agreement (HoA). Artinya, proses akuisisi 51% saham PTFI resmi dimulai.

Di mana, nilai akuisisi 51% saham PTFI itu disepakati US$3,85 miliar, atau setara Rp53 triliun. Dana itu dibutuhkan untuk membeli 40% hak partisipasi (participating interest/PI) Rio Tinto di tambang Grasberg dan saham dari FCX yang ada di PTFI. Hingga totalnya 51% saham PTFI dikempit Indonesia. [ipe]

   

Inilah

Warta Terbaru

To Top