Ekonomi & Bisnis

Asyiknya Belajar Bikin Gula Jawa Sambil Plesiran

Sumedang Media, Banyumas – Mumpung masih musim liburan, tak ada salahnya menikmati panorama wisata Pereng Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sembari belajar membuat gula merah (Gula Jawa).

Apabila posisi Anda saat ini berada di Purwokerto, jangan sia-siakan kesempatan. Mampirlah ke wisata Pereng di Kecamatan Cilongok yang sudah kondang itu.

Selain alam pedesaan nan asri dan dijamin bebas polusi, pengunjung bisa menikmati kuliner khas yang begitu menggoda. Tempat ini cocok disinggahi untuk wisata keluarga.

Obyek wisata Pereng ini, berada di sebelah barat pusat kota Purwokerto. Jaraknya sekitar 16 kilometer. So, tidak jauh-jauh bangetlah.

Di kawasan wisata Pereng ini, kita bisa melihat sekaligus mempelajari kehidupan warga desa. Semisal, proses pembuatan gula merah, atau biasa disebut Gula Jawa yang tentunya asing bagi warga kota besar.

Musbichun, pemilik sekaligus pengelola wisata Pereng, mengatakan, pengunjung yang tertarik belajar membuat gula merah dijamin puas. Karena, pengunjung diajari proses pembuatan gula merah mulai dari pengambilan nira (bahan baku) hingga produk akhir.

Luas tempat Wisata Pereng sekitar 3 hektar. Menghampar 3 buah embung di mana 2 embung luasnya sekitar 0,5 hektar. Bagi yang hobi renang, tak perlu khawatir. Tersedia berbagai fasilitas wisata air mulai waterpark, kolam renang serta waterboom.

Keseruan lainnya, wisata Pereng menyediakan fasilitas outbound, taman, dua embung yang dilengkapi dengan permainan sepeda air, kolam renang dan perahu. Soal biaya masuk, dijamin sangat terjangkau kantong. Cukup Rp5.000 per orang. Murah kan.[ipe]

Inilah

Warta Terbaru

To Top