Ekonomi & Bisnis

Lebaran 2018, Sri Mulyani Pilih Mudik ke Jateng

Sumedang Media, Jakarta – Tak terasa bulan suci Ramadan berakhir, berganti Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijiriah. Warga bangsa punya tradisi mudik. Tak terkecuali para menteri di Kabinet Kerja.

Ya, tradisi mudik atau pulang kampung halaman tercinta, sepertinya sudah menjadi kewajiban. Dengan catatan masih punya kampung lho. Rasanya belum pas kalau tak berlebaran di kampung halaman.

Begitu juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang merencanakan mudik ke Gombong, Jawa Tengah. Di kota ini, kakek dan neneknya menetap.
"Kita dari kecil biasanya kumpul keluarga kalau dulu di rumahnya orangtuanya bapak ibu saya di Gombong," kata Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Dalam Lebaran kali ini, keluarga besar Sri Mulyani seperti halnya keluarga lainnya, melakukan silaturahmi berupa sungkeman, setelah nyaris setahun tak bertemu. "Pasti sungkeman karena puteranya ada 16, jadi kita semuanya urutan dari nomor 6 ke 16, sama cucu-cicit panjang banget. Jadi pertama kita sungkeman itu urutannya panjang," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Kata Sri Mulyani, ada tradisi unik yang diterapkan keluarga besarnya saat berlebaran di kampung halaman, , disaat sungkeman kepada eyang atau yang dituakan, wajib memberikan laporan tentang dirinya selama satu tahun terakhir. "Jadi ia masing masing keluarga menyampaikan laporan. Sekolah di mana, ada pacar enggak, ada yang sudah menikah, siapa yang udah lulus," ucapnya.

"Tapi kadang-kadang enggak bagus karena menimbulkan pressure artinya kita hilangkan acara itu tapi lebih how to care," imbuh Sri Mulyani.
 

Inilah

Warta Terbaru

To Top