Ekonomi & Bisnis

Pabrik CPO di Mukomuko Baru Buka 21 Juni

Sumedang Media, Mukomuko – Sebagian besar industri minyak mentah sawit Crude Palm Oil/CPO) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, baru beroperasi pada Kamis (21/6/2018).

"Pabrik-pabrik CPO libur Idul Fitri sejak hari Senin (11/6). Sebaagian besar mereka kembali beroperasi mulai tanggal 21 Juni 2018," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, beberapa waktu lalu.

Karena libur panjang, mayoritas pabrik CPO di daerah itu berhenti sementara membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit selama delapan hingga 10 hari. Hanya ada satu pabrik CPO yang berencana kembali beroperasi mulai 20 Juni 2018.

Sudianto mengharapkan, pabrik CPO di daerah itu secepatnya beroperasi dan kembakui membeli tandan buah segar kelapa sawit agar tidak ada penumpukan buah sawit di kebun sawit milik petani. "Kita mengantisipasi terjadinya penumpukan dan pembusukan buah sawit milik setempat," ungkapnya.

Ia menyatakan, pabrik CPO milik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA), PT MMIL, PT KAS dan KSM kembali membeli tandan buah segara kelapa sawit pada 21 Juni 2018. Sedangkan pabrik CPO milik PT Daria Darma Pratama (DDP) Lubuk Bento dan PT DDP Kecamatan Ipuh tutup masing-masing pada 20 Juni 2018. [tar]
 

Inilah

Warta Terbaru

To Top