Ekonomi & Bisnis

30 Perusahaan RI Unjuk Gigi di Pameran China

Sumedang Media, Beijing – Sebanyak 30 perusahaan Indonesia yang memproduksi makanan, minuman, dan kerajinan tangan ikut Cross-Strait Fair for Economy and Trade (CSFET) di Fuzhou, China, 18-22 Mei 2018.

"Fuzhou merupakan pintu gerbang produk-produk Indonesia untuk memasuki pasar Tiongkok," kata Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun di Beijing, Sabtu malam (19/5/2018).

Sejumlah perusahaan Indonesia itu ialah Kapal Api, Indomie, dan Garuda Food, bergabung di Paviliun Indonesia yang berdiri di atas lahan seluas 800 meter-persegi. Paviliun ini berdekatan dengan pintu masuk utama CSFET di Ibu Kota Provinsi Fujian itu.

Gubernur Fujian, Tang Deng Jie menyempatkan diri mengunjungi Paviliun Indonesia yang berdiri cukup megah itu. ia kagum sekaligus mengapresiasi
partisipasi Indonesia dalam CSFET. Diharapkan, ajang ajang pameran ini membuat masyarakat China lebih mengenal produk Indonesia. Disamping itu, hubungan perdagangan kedua negara, bisa semakin baik.

Dubes Djauhari mengemukakan, keikutsertaan Indonesia pada ajang pameran itu dimaksudkan untuk memperluas pasar produk andalan Indonesia di wilayah selatan dan timur daratan Tiongkok yang sangat potensial secara ekonomi.

"Beberapa perusahaan Indonesia yang telah mengikuti berbagai pameran di Tiongkok mengakui bahwa rata-rata penjualan produk mereka di Tiongkok mengalami peningkatan di atas 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata mantan Dubes RI untuk Rusia itu.

CSFET yang digelar di Fuzhou Strait International Conference and Exhibition Center, diikuti 77 negara. Di mana, sembilan di antaranya berasal dari kawasan Asia Tenggara. Kegiatan tahunan itu diperkirakan mampu menyedot perhatian kurang lebih 250 ribu orang per hari. [tar]

Inilah

Warta Terbaru

To Top